Ach… ?

Posted on

Sempat binggung dengan keadaan yang aku alami. Setelah Lulus dari Perguruan Tinggu mau lanjut kemana dan apa yang harus dilakukan ? Apakah kerja atau melanjutkan pendidikan berikutnya ? Jika melanjutkan pendidikan berikutnya adalah niatan terbesar aku mulai masih duduk dibangku kuliah, tetapi berbenturan dengan masalah biaya lagi… Rencananya mau cari-cari beasiswa…

Ada keinginan untuk melanjutkan pendidikan di negeri orang, sembari meniti karir disana jika bisa. Dan lagi-lagi terbentur dengan masalah bahasa inggris ku yang ancur-ancuran… Sejak dari beberapa bulan lalu ada rencana inggin kursus bahasa inggris secara intensif melalui lembaga pendidikan bahasa asing dikota Samarinda. Aku kepingin banget bisa berbahasa inggris secara aktif. Mengingat seluruh literatur dan referensi yang ada dan tersebar di internet berbahasa inggris 😀

Sejalan soal bahasa dan pendidikan, Aku memiliki cita-cita untuk menjadi seorang networks engineer yang handal. Untuk itu aku selalu mencoba untuk mengasah kemampuan agar dapat bersaing dalam dunia kerja dengan kemampuan yang aku miliki… walau tertatih-tatih tapi semangat Insya Allah gak akan pernah kendor…

Sejak dibangku kuliah ada 2 hal yang selalu menjadi perhatian yaitu dunia OSS (Open Source Software) dan Networking. Ini yang membuat aku sendiri akhirnya dapat terjun langsung dalam pergerakan dan pengembangan Komunitas KPLI Samarinda dan Unit ICT Center Universitas Mulawrman sampai saat ini.

Banyak hal yang dapat aku pelajari dan petik dari pengalaman-pengalaman selama berkecimpung di 2 bidang tersebut. Mulai dari mengenal orang-orang dari berbagai komunitas di Samarinda hingga seluruh Indonesia, tahu lebih jauh dalam hal networking untuk mengelola jaringan bersekala besar seperti jaringan kampus, dan dapat ikut partisipasi langsung dalam setiap kegiatan OSS di Indonesia pada umumnya dan di kota Samarinda sendiri pada khususnya.

Satu hal yang menjadi catatanku, seluruhnya yang aku pahami saat ini adalah hasil pembelajaran sendiri dan pemgembangan diri dalam bidang yang aku geluti. Dulu aku sendiri sering menyalahkan dan selalu mempertanyakan soal pengajaran diKampus ku yang tidak pernah memberikan pelajaran secara mendalam terhadap suatu pelajaran. Kesannya hanyalah penyampaian dasar bahkan sangat basicly dari salah satu objek pembahasan.

Sekarang pemikiran itu pun beranjak berubah, Kampus, dimanapun adanya, biasanya hanya memberikan inisiasi awal bagi kita untuk berkembang. Kampus bukan lembaga private training atau workshop khusus yang akan mengajarkan materi tertentu. Kampus umumnya mengajarkan materi secara general untuk nantinya dikembangkan masing-masing, meski ada juga kampus yang fokus namun kita tetap perlu mengembangkan kemampuan diri masing-masing karena bisa saja materi ajar di kampus sudah kadaluarsa.

Mungkin itu yang dapat aku pahami saat ini.

Sekarang setelah dapat menentukan fokus dan tujuan hidup dalam satu bidang kemampuan yang dapat dijual dan bernilai lebih, harus dapat ditunjang dengan kesiapan, komitmen dan kemapanan dalam bidang tersebut. Ini bisa dilakukan dengan pelatihan atau sertifikasi seperti CCNA, CCNP, RHCT, dll.

Yach… Namanya belajar tidak akan pernah usai selama nafas ini masih ada. Apalagi dunia IT. Dinia yang tidak pernah berhenti sedetikpun dari inovasi-inovasi dunia yang bergerak secara dinamis dan teratur.

3 comments

  1. iya kayaknya gw juga harus mulai mikir kesono…
    mo jadi apa gw nanti kalo udah lulus…

    memang sih kata Oogway “Yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift. That is why it is called the present.”

    kita harus nikmatin saat ini…
    tapi bukan berarti kita harus melupakan masa depan yang penuh misteri…

    oke bang selamet menempuh hidup baru…
    hehehe… 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published.