google drive unlimited

Cara Meningkatkan Penyimpanan Google Drive Secara Gratis

Posted on

Jika Anda adalah pengguna Google Drive gratis, Anda mungkin tahu bahwa akun google drive gratis membatasi ruang sebesar 15 GB. Untuk dapat meningkatkan ruang penyimpanan untuk google drive, Anda perlu berlangganan Google One mulai harga Rp 26.900/bulan hingga Rp 135.000/bulan. Pada tulisan ini, Saya akan sedikit berbagi bagaimana cara meningkatkan penyimpanan Google Drive secara gratis atau tanpa berlangganan ke program berbayar mereka.

Disclaimer : Tulisan ini dibuat hanya sebagai pembelajaran, penulis tidak menyarankan Anda menggunakan cara ini sebagai alternatif utama untuk menyimpan data penting/pribadi/perusahaan Anda. Silahkan Anda berlangganan Google One secara resmi untuk keamanan data Anda.

Salah satu produk yang sangat populer dan banyak digunakan adalah google drive. Dimana melalui google drive ini para siswa dan tenaga pengajar dapat memanfaatkannya untuk menyimpan dan berbagi tugas dan bahan ajar secara bersama-sama. Salah satu fitur google drive yang dapat digunakan sebagai kolaborasi adalah Drive Bersama (Shared Drives). 

Pada awalnya Google menawarkan opsi penyimpanan tak terbatas (unlimited) bagi institusi pendidikan dengan program mereka bernama G Suite For Education yang sekarang berganti nama menjadi Google Workspace For Education. Melalui program ini Google menyediakan seluruh aplikasi terbaik mereka seperti docs, Spreadsheet, Slide, Formulir, Sites, Jamboard, Google Meet, Chat, Gmail, serta Google Drive untuk mempermudah kolaborasi, menyederhanakan pembelajaran, dan menjaga keamanan lingkungan belajar.

Melalui drive bersama (shared drives) ini mereka dapat menambahkan beberapa orang/group sekaligus untuk dapat mengupload, menyimpan, mengubah, dan menghapus pada ruang penyimpanan yang sama tanpa batas, tanpa harus khawatir tentang masalah penyimpanan.

Nah, pada tulisan ini cara yang digunakan adalah menambahkan akun google (gmail) yang Anda daftarkan untuk dibuatkan satu dedicated shared drives dari salah satu institusi sekolah/universitas.

Seperti yang sudah Saya sebutkan diawal tulisan, cara ini hanya sebagai media pembelajaran, dan ini bukanlah cara yang benar/legal untuk mendapatkan menyimpanan yang aman untuk data-data penting Anda karena bisa saja, pihak insitusi sekolah/universitas tempat shared drives kita, melihat, menangguhkan atau bahkan menghapus shared drives kita kapan saja. Jadi, silahkan gunakan penyimpanan shared drives ini sebagai tempat sharing/berbagi saja.

Pastikan Anda mengerti dan memahami resiko terhadap data-data yang Anda simpan melalui cara ini. Do It With Your Own Risk.

Cara meningkatkan penyimpanan Google Drive secara gratis di Akun Anda.

  1. Anda harus memiliki akun Gmail untuk proses ini. Jadi jika Anda tidak memiliki akun Gmail Anda harus membuatnya terlebih dahulu.
  2. Kunjungi halaman web ini – klik di sini
  3. Klik tombol “I accept the terms”. google drive unlimited
  4. Isi beberapa informasi terkait nama shared drives nantinya, email (gmail akun) Anda dan pilih instansi (pemilik) shared drives atau pilih random saja (direkomendasikan). google drive unlimited
  5. Silahkan beri tanda cek (centang) pada captcha ikuti prosesnya, kemudian klik tombol Create.
  6. Tunggu prosesnya hingga selesai, jika tidak ada error maka proses pembuatan shared drives Anda telah selesai. google drive unlimited
  7. Silahkan buka google drive Anda, dan cek pada bagian Shared Drives atau Drive Bersama. Google Drive Unlimited

Pada kasus ini, saya membuat Shared Drives/Drive Bersama dengan nama “Free Drive” (terlihat seperti pada gambar diatas). Selanjutnya silahkan telakkan/upload file yang akan Anda sharing kepada rekan/teman Anda pada shared drives/drive bersama ini, dan dengan cara ini, tidak akan mengurangi kapasitas original google drive (15 GB) Anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.