Membangun Blog Aggregator PlanetPlanet

Posted on

Tutorial komputer dalam artikel ini khusus saya buat buat menampung dan mang-aggregat blog-blog dari para Blogger Samarinda. Kali ini tips komputer yang akan saya bahas adalah bagaimana membangun blog aggregator yaitu PlanetPlanet. Saya gak akan berpanjang lebar karena installasi planetplanet ini sangat mudah.

Saat ini perkembangan dan pertumbuhan blog di indonesia khususnya, semakin cepat dan banyak jumlahnya. Dengan sekain banyaknya jumlah para blogger yang ada saat ini, maka timbuh keinginan untuk membuat sebuah media yang dapat mengumpulkan para blogger tersebut dalam satu tempat. Hal inilah yang membuat sebuah blog aggregator lahir.

Blog aggregator adalah sebuah media yang didalamnya berisi kumpulan feed/rss dari blog-blog para pesertanya. Banyak sekali blog aggregator yang ada saat ini, seperti planetplanet atau wordpress serendipity. Hal inipun dapat menjadi sarana efektif untuk melihat keaktifan anggota-anggota suatu komunitas dengan plugins agregatenya, dan Pemanfaatan blog aggregator yang ada saat ini sangat banyak sekali, diantaranya adalah blog aggregator untuk komunitas-komunitas seperti planet ubuntu indonesia (komunitas pengguna ubuntu), planet slackware indonesia (komunitas pengguna slackware), planet terasi (komunitas umum), dan masih banyak lagi yang lainnya. Blog aggregator yang memiliki tema khusus (tematik) seperti planet ubuntu atau planet slackware banyak membuat artikel-artikel khusus dari para anggota sesuia temanya masing-masing. Jadi, dari feed/rss blog anggotanya hanya yang artikel-artikel yang memiliki tema ubuntu/slackware saja yang akan di aggregate ke blog aggregator.

Blog aggregator ini akan mempermudah kita ketika ingin mencari informasi tertentu karena tulisan/artikel yang di tayangkan sangat banyak dan beragam karena merupakan kumpulan dari para blogger anggota lainnya. Untuk itulah saya berkeinginan untuk membuat blog aggregator untuk komunitas-komunitas saya.

Nah, rencananya dalam tutorial komputer kali ini saya akan membuat blog aggregator untuk para blogger Ilmu Komputer  (ilkom) Universitas Mulawarman dan aggregator untuk para Blogger Samarinda.

Aggregator yang akan saya gunakan adalah aggregator dari planetplanet. Kenapa saya menggunakan planetplanet ?  Salah satinya karena planetplanet tidak memiliki database ;)) Jadi, sistemnya adalah mengupdate feed/rss dari url blog-blog anggotanya dengan paramater-parameter yang sudah kita tertentu kemudia planetplanet akan menggenerate file index-nya yang akan di tampilkan.

[adsense]

Disini saya akan menjelaskan secara singkat dan sederhana tentang cara menginstall planetplanet sebagai sebuat blog aggregator. Sebelum kita menginstall planetplanet kita harus terlebih dahulu mempersiapkan sebuah server lengkap dengan compiler python-nya (karena planet membutuhkan python compiler). Jika anda ingin menggunakan planet di server hosting luar, server hosting anda harus mendukung phyton, jika tidak yang silahkan gunakan aggregator lain seperti wordpress, dan lain-lainnya 😀

Saya tidak akan menjelaskan bangaimana cara menginstall python, karena sudah cukup banyak berterbaran di internet, apalagi jika Anda menggnakan server dengan distro seperti fedora, ubuntu atau debian, bahkan bisa dengan sangat mudah ;))

Jika python compiler sudah ada sekarang tinggal mengambil source planetplanet dari website resminya di http://planetplanet.org/.

Setelah source planetplanet sudah terdownload, selanjutnya extrak pada path/direktori dimana Anda akan menempatkannya. Dari hasil extrakan source planet tadi ada 2 directory penting yang akan menjadi perhatian kita, yaitu directory basic (examples/basic/) dan fancy (examples/fancy/). Ke-2 directory ini terletak di dalam directory examples. 2 directory ini merupakan templates dari planet yang kita ginakan. Anda tinggal pilih salah satunya.

Setelah menetapkan pilihan di antara 2 template tersebut kemudian masuk ke direktori template yang kita pilih tadi dan edit konfigurasi di dalam file config.ini

Hal-hal yang perlu di konfigurasi adalah bagian :

  • [planet]  – name (isi dengan nama planet yang akan dibuat), link (url planet yang akan dibuat), owner_name dan owner_email (isi dengan data pengelola planet nantinya)
  • Dibagian paling bawah biasanya berisi nama-nama dan alamat url dari feed-feed  yang akan di agreggate. Bisa diliat contohnya didalam file itu juga :p (perlu diingat ini adalah alamat url feed/rss bukan alamat blog/websitenya)

Konfigurasi lainnya dapat di sesuaikan sendiri seperti konfigurasi utnuk template yang kita buat sendiri atau lain sebainya, konfigurasi diatas sudah standar untuk sebuat planet (IMHO).

Jika semua sudah dirasa beres selanjutnya tinggal mengexekusi planetnya. Hasil dari exekusi ini teletak dalam direktori outpunt berupa file index.html. planet.css dan lain-lainnya. Jika Anda menggunakan server sendiri direktori output inilah yang anda set sebagai root direktori dalam vhost konfigurasi webserver Anda.

Perintah untuk mengexekusi planet adalah :

./planet.py examples/[dir_template]/config.ini

Apabila anda menggunakan template basic maka perintahnya ./planet.py examples/basic/config.ini dan begitu juga apabila Anda menggunakan template fancy atau lain sebagainya, tinggal disesuaikan saja.

Sampai disini seluruhnya telah selesai, planet pun dapat anda lihat hasilnya. Untuk mengupdate planet ini Anda dapat menjalankan pertintah diatas kembali. Apabila ingin membuatnya update secara otomatis dalam interval waktu tertentu silahkan Anda gunakan Cron Job untuk mengexekusi perintah diatas dengan script bash (jika Anda menggunakan bash shell).

Contohnya, jika planet direktori Anda berada dalam path /home/planet/public_html dan template yang Anda gunakan adalah fancybash script-nya : maka contoh

#!/bin/bash

cd /home/planet/public_html
./planet.py examples/fancy/config.ini

Jika ingin meng-kostumisasi planet-nya maka dapat di edit file “planet.css” yang ada dalam direktori output dan  file “index.html.tmpl” yang berada dalam direktori template-nya. 😀

Simak juga artike tips komputer saya lainnya yaitu bagaimana membuat favicon untuk blog hanya diblog Aditya Perdana. 😀

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.