import data wordpress

Import Data Blog WordPress

Posted on

Semenjak restore blog wordpress saya kemaren, akhirnya saya kepikiran untuk gabungin content yang ada di dalam blog wordpress lama saya ke blog wordpress ini. Hal yang perlu dilakukan cukup mudah sebenarnya hanya export data dari blog wordpress lama kemudian import kembali ke blog wordpress baru dengan tools bawaan wordpress. Dalam kasus saya proses import ke wordpress ini tidak bisa dilakukan via browser karena ukuran file xml nya lebih dari 6 MB, jadinya saya lakukan proses import data blog wordpress ini dengan menggunakan WP-CLI di terminal.

Pada blog wordpress lama saya karena memang sudah lebih dari 11 tahun tidak pernah di maintenance jadinya terdapat beberapa gambar yang dulu pernah saya posting di imageshark dan photobucket menghilang bersama platformnya saat ini, akibatnya banyak postingan lama saya yang tidak ada dokumen pendukung seperti gambar/fotonya sama sekali. Terlebih postingan saya yang terkait tutorial yang terkadang bahkan sering saya sertakan dengan screenshoot layar dan beberapa postingan terkait dengan foto-foto berita dan juga termasuk link-link download broken/dead. Imageshark dan photobucket memang menjadi andalan saya untuk image / photo hosting untuk blog wordpress saya saat itu, alasannya untuk menghemat space webhosting yang saya gunakan.

Hal lain yang cukup menguras tenaga adalah mengupdate alamat domain blog lama saya yaitu www.adityaperdana.web.id ke domain blog saya saat ini yaitu www.perdana.my.id dalam seluruh postingan saya. Ini benar-benar harus mengecek satu per satu setiap postingan dan mencari link yang mengarah ke domain lama saya untuk selanjutnya di ubah ke domain yang sekarang. Ini benar-benar harus dilakukan secara manual satu per satu karena saya tidak menemukan cara cepat, mudah dan otomatis untuk melakukan hal ini.

Hal berbeda bisa saya lakukan untuk mengupdate author url dalam kolom komentar di wordpress, yaitu alamat url dari pemilik komentar. Jadi misalkan saya sebagai pemilik blog biasanya sering membalas komentar dari para pengunjung. Nah pada nama saya di dalam kolom komentar biasanya mengarah ke alamat url blog saya sendiri, dimana dalam kasus ini masih mengarah ke alamat domain lama saya, dan ini yang akan saya ubah ke alamat domain saya yang sekarang. Mudahnya hal ini bisa saya lakukan dengan mengupdate field author_url pada table wp_comment menggunakan query sql dengan satu perintah.

Nah, semua data post, comment, tags, dan pages sudah selesai saya import ke wordpress ini. Dan seperti yang saya sebutkan diatas banyak postingan di dalam blog ini, khususnya postingan lama dari blog saya yang terkesan tidak lengkap karena ketiadaan gambar dan foto pendukung membuat tidak nyaman, jadi mohon maaf dan harap maklum ya.

Selain itu mungkin juga banyak dari postingan lama saya yang mungkin sudah tidak relevan lagi dengan kondisi dan teknologi zaman sekarang karena adanya perkembangan teknologi yang lebih mutahir saat ini.

So, keep healthy and happy blogging…

Leave a Reply

Your email address will not be published.