blogger wordpress

Belajar Blogspot Sampai WordPress

Posted on

Pertama kali mengenal dunia blogging itu sekitar tahun 2004 masa awal-awal kuliah dulu. Blog pertama saya, saya create di blogspot yaitu sebuah platform blog yang populer sampai sekarang. Blogspot adalah jenis blog yang simple dan mudah dikelola oleh pemula sekalipun seperti awal masa saya dulu.

Seiring berjalannya waktu dan mulai sering ikut kegiatan komunitas bersama teman-teman baik itu di kampus maupun diluar akhirnya pada tahun 2006 saya berkenalan lagi dengan salah satu platform blog popular lainnya yaitu wordpress. WordPress adalah sebuat aplikasi open source yang sangat populer juga sampai dengan sekarang yang digunakan sebagai blog engine. WordPress dibangun dengan menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database MySQL.

WordPress mucul pertama kali pada tahun 2013 yang dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Salah satu yang membuat wordpress sangat populer sampai dengan sekarang yaitu memiliki  banyak fitur, template yang menarik serta dukungan komunitas yang besar.

Sama seperti halnya blogspot.com yang memberikan layanan gratis blog gratis untuk penggunakanya, wordpress pun memberikan hal yang sama melalui platform mereka di wordpress.com, kita dapat mendaftar secara gratis dan mendapatkan subdomain wordpress.com yang ktia inginkan sekaligus webhostingnya. Pada akhir 2006 akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog pribadi dengan domain nama saya sendiri dan menyewa layanan webhosting. Inilah kali pertama saya mengelola sebuah web blog dan awal mula belajar banyak tentang pengelolaan website pada webhosting.

Desember 2006 saya membuat blog pertama saya menggunakan domain sendiri dan webhosting sendiri dan mengelolanya sambil belajar. Tujuan utama saya membuat blog sebenarnya untuk belajar ngeblog, belajar mengelola sebuah website (dimulai dari mengelola blog kecil), belajar menulis, membuat dokumentasi-dokumentasi hasil ngoprek/ngulik bareng teman-teman, dokumentasi kegiatan komunitas, dan lain-lain. Jadi, mohon dimaklumi jika banyak tulisan di blog saya yang memang kadang gak penting buat ditulis.

Banyak hal yang saya peroleh selama belajar membuat dan mengelola blog pribadi saya itu, salah satunya belajar mendapatkan penghasilan dari blog melalui google adsense dan program pay per click (PPC) lainnnya serta mengikuti beberapa lomba blog yang kadang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Hasilnya ya lumayan bisa buat bayar domain dan webhosting sendiri serta buat tambah-tambah uang jajan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.