Whatsapp, Facebook dan Instagram Down

Posted on

Whatsapp, Facebook dan Instagram pada hari senin malam lalu (4/10) dikeluhkan oleh banyak netizen karena tidak dapat diakses. Hal ini seperti mengingatkan kembali akan insiden terganggunya kabel laut Jawa-Sumatera-Kalimantan (Jasuka) milik PT. Telkom yang terjadi beberapa minggu lalu. Seperti yang sudah dikonfirmasi oleh pihak facebook, gangguan ini terjadi karena adanya miss konfigurasi dari pada router miliki perusahaan layanan jejaring sosial terbesar di dunia yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat tersebut.

Seperti yang dikutip dalam laman twitter resminya, pihak facebook mengatakan “Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini”.

Gangguan pada ketiga aplikasi whatsapp, facebook dan instragram ini terjadi dibeberapa negara dan berlangsung selama kurang lebih 6 jam. Akibat gangguan ini dikabarkan facebook mengalami kerugian sekitar US$ 7 miliar atau jika di kurs kan kedalam rupiah nilainya hampir mencapai 99.5 triliun rupiah. Efek domino pun terjadi pada penurunan saham milik facebook sekitar 5% dan menurunkan posisi Mark Zuckerbeg sebagai orang terkaya ke posisi 5 dibawah Bill Gates.

Leave a Reply

Your email address will not be published.