Usaha atau Bisnis dengan Modal Kecil

Posted on

Mungkin bagi sebagian orang yang ingin melangkah dalam dunia usaha atau bisnis sering belum berani melangkah karena keterbatasan modal usaha. Modal usahanya masih kecil atau bahkan belum memiliki modal usaha sama sekali. Sebenanya ini bukanlah menjadi masalah yang serius untuk terjun ke dunia usaha. Kita bisa tetap memulai usaha baik dengan modal kecil ataupun tanpa modal sekalipun. Asalkan kita serius dan mau berusaha, Insya Allah pasti ada jalan. Bagaimana caranya ? Silahkan baca terus sampai selesai artikel ini 🙂

Di tengah-tengah masa perekonomian yang selalu bergejolak ini seringkali membuat kita harus berfikir extra untuk mencari income / pemasukan tambahan dari usaha sampingan selain berkerja di perusahaan atau sebagai pegawai negeri. Atau bagi sebaian orang yang belum memiliki perkerjaan harus mencari solusi dan memutar otak untuk mencari peluang usaha dengan modal terbatas untuk bisa menghidupi keluarga.

Ada beberapa jenis usaha atau bisnis yang bisa jadi referensi dimana hanya menggunakan modal yang relatif kecil atau minim atau bahkan tanpa modal sekalipun, diantaranya :

  1. Bisnis Pulsa, Bisnis ini membutuhkan modal yang relatif kecil dengan modal antara 100 hingga 200 ribu rupiah sebagai doposito awal anda berjualan pulsa melalui HP Anda sendiri. Di Internet banyak selali agen/dealer atau perusahaan yang menjual pulsa. Anda bisa pilih dan membandingkan beberapa agen/dealer layanan pulsa tersebut satu sama lain untuk membandingkan masing-masing harga dan layanan yang diberikannya.
  2. Makelar atau perantara jual beli, ya mengapa saya mereview object usaha ini ? Karena menjadi perantara dalam jual beli  dengan imbalan berupa komisi  ini, cukup membutuhkan modal yang relatif kecil untuk menghubungkan sang penjuan dan sang pembeli. Misalnya menjadi perantara jual beli rumah, jual beli tanah, jual beri mobil dan lain-lain. Modalnya pun hanya modal transportasi dan pandai berbicara saja.
  3. Mengajar Les Private, Anda bisa cari tembak pasarnya adalah linkungan tempat tinggal Anda sendiri dulu. Misalnya anak tetangga didekat rumah tinggal Anda. Anda bisa atur jadwalnya untuk mengajar satu atau beberapa anak. Anda bisa meminta pembayaran didepan atau dibelakang itu terserah Anda bagaimana mengaturnya. Mengenai bahan ajar nya anda bisa meminjam / mencari-cari materi pembelajaran di internet atau di perpustakaan di kota Anda sebagai modal mengejar yang tentu disesuikan dengan kurikulum anak didik Anda.

Sedangkan untuk usaha / bisnis yang dijalankan dengan tanpa modal sekalipun Anda masih bisa lakukan dengan menggunakan modal orang lain atau BODOL (Berani Optimis Duit Orang Lain). Ya, inilah yang sedang saya lakukan saat ini. Kita hanya membuat proposal usaha / penawaran usaha kemudian di tawarkan kepada mereka yang memiliki modal. Jika mereka setuju dengan penawaran usaha dari kita, maka langkan selanjutnya adalah ACTION utnuk memulai usaha karena modal sudah terpenuhi dari pihak ketiga. mengenai keuntungan bisa dilakukan dengan metode bagi hasil / profit sharing berapa persen antara pemilik modal dan pelaku bisnis.

Jadi, jika kita memiliki keinginan untuk ber-wirausaha sebaiknya lakukan saja, dan optimis untuk berhasil. modal pelan-pelan bisa kita cari. Kuncinya sebetulnya terletak pada motivasi dan keberanian kita memulai bisnis yang menggebu-gebu. Hanya saja untuk meraih sukses, apalagi tanpa memiliki uang tunai atau modal kecil, itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semuanya membutuhkan perjuangan.

8 comments

  1. gue sih lebih enjoy ma PPC/Pay per lead?? trus gue pasang deh script script autoplay diwebsite w… Opssss

  2. Jangan lupa, modal bisnis tidak selalu uang. Brad Sugars adalah orang yang pernah membeli kepemilikan hanya dengan janji menaikkan penjualan. Dan dia benar-benar berhasil. Kisah selengkapnya di sini.

    http://banpolotak.blogspot.com
    atau
    http://www.newyorkarto.co.cc

    Sekedar info, tanggal 26 November 2009 Brad Sugars, pengusaha internasional dan business coach ternama dari Australia bakal datang ke Indonesia, tepatnya di Jakarta International Expo, Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran. Dia akan berbagi pengalaman dan teknik-tekniknya membesarkan bisnis.

    Cari tahu tentang acaranya di sini.

    http://b-training.co.cc/ad/redirect/11/0

  3. Assalamualaikum…….SALAM KENAL…………..
    Temen-temen ingin bisnis ??? Mau buka usaha ???
    Ingin WIRAUSAHA WIRASWASTA?
    Yang nyata, halal & prospektif ??? (Bukan MLM)
    Atau butuh bimbingan / konsultasi ???
    DISINI TEMPATNYA. Wujudkan Bersama Kami. CV.HAZET Computer & Konsultan Bisnis.
    Hubungi 08121479434 Klik

    http://WWW.HAZETCOM.BLOGSPOT.COM atau
    http://WWW.INFOBAGUS.TK

    Bersama kami insyaAllah untung, maju, berkah & sukses.
    Saatnya ACTION Cepat. Tangkap peluang bisnis ini.
    Ikuti jejak mereka yg sudah kami bina & sukses.
    Kami bantu anda maksimal. Melayani Seluruh Indonesia. GARANSI. KONSULTASI GRATIS !!!:)

Leave a Reply

Your email address will not be published.