Tempat Wisata Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Posted on

Liburan baik liburan akhir pekan maupun liburan hari-hari besar sepertinya memang paling asik di nikmati dengan jalan-jalan ke tempat-tempat wisata. Ya, saat-saat seperti inilah kita butuh meluangkan waktu buat me-refresh-kan kembali tubuh dan otak kita agar tidak stress oleh kesibukan rutinitas kita sehari-hari. Liburan dapat di isi bersama keluarga, sahabat atau teman bahkan bersama orang tercinta :p

Bagi masyarakat kota samarinda yang gak ingin ke luar kota untuk jalan-jalan liburannya mungkin bisa me-review informasi tempat-tempat wisata yang ada di kota ini. Sedikit dari saya mencoba melampirkan beberapa info ringan mengenai tempat-tempat wisata kota Samarinda. Saya sendiri belum semua pernah kesana ;)) Jadi, semoga bermanfaat informasi yang saya sampaikan ini…

Wisata Kota Samarinda

Kawasan Wisata Budaya Pampang
Kawasan Pampang yang terletak sekitar 20 km dari kota Samarinda merupakan kawasan wisata budaya yang menarik untuk menyaksikan kehidupan suku Dayak Kenyah. Obyek wisata budaya ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor melalui jalan raya Samarinda-Bontang. Daya tarik yang dapat disaksikan adalah Lamin atau rumah adat suku Dayak serta tarian dan upacara adat Dayak Kenyah.

Air Terjun Tanah Merah
Terletak sekitar 20 km dari pusat kota Samarinda tepatnya di dusun Purwosari kecamatan Samarinda Utara. Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi wisata keluarga karena dilengkapi pendopo istirahat, tempat berteduh dengan pohon peneduh di sekitar lokasi, warung, areal parkir kendaraan yang luas, pentas terbuka dan tempat pemandian. untuk mencapai obyek wisata tersebut, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat serta angkutan umum trayek Pasar Segiri – Sungai Siring. .

Penangkaran Budaya Makroman
Terletak di desa Pulau Atas, kecamatan Palaran dengan jarak lebih kurang 6 km dari Samarinda. Jenis buaya yang dipelihara yaitu buaya air tawar dan buaya Supit. Tempat pengembangbiakan buaya ini telah di lengkapi sarana dan prasarana wisata.

Telaga Permai Batu Besaung
Obyek wisata Telaga Permai Batu Besaung merupakan obyek wisata alam, terletak di Sempaja 15 km dari pusat kota Samarinda dengan kendaraan motor/mobil. Obyek wisata ini telah dilengkapi sarana dan prasarana wisata.

Kerajinan Tenun Ikat Sarung Samarinda
Terletak di jalan Bung Tomo Samarinda Seberang. Obyek wisata ini merupakan proses pembuatan sarung tradisional Samarinda, yang berjarak 8 km dari pusat kota Samarinda. Obyek tersebut telah dilengakapi sarana dan prasarana wisata. Kerajian tenun sarung ini pada mulanya dibawa oleh pendatang suku Bugis dari Sulawesi yang berdiam di sisi kiri Mahakam (sekarang menjadi Samarinda Seberang). Hampir disetiap perkampungan suku Bugis (kelurahan masjid Baka) dapat ditemukan pengrajin sarung Samarinda. Alat tenun yang digunakan para pengrajin adalah alat tradisional disebut “Gedokan” atau menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Produk yang dihasilkan untuk 1 (satu) buah sarung memakan waktu tiga minggu.

Taman Rekreasi Lembah Hijau
Obyek wisata Lembah Hijau merupakan obyek wisata alam, terletak di jalur jalan Samarinda – Bontang 15,5 km dari Samarinda dengan kendaraan mobil/motor. Atrakasi yang terdapat obyek yang bersebelahan dengan pagar alam ini adalah tampilan atraksi yaitu replika hutan yang terdiri dari jenis kayu hutan Kalimantan serta tanaman rotan terdapat di lokasi wisata ini. Fasilitas yang tersedia adalah : cafetaria, pendopo pertemuan dan kolam pancing, camping ground.

Kebun Raya Unmul
Terletak di sebelah Utara kota Samarinda yang berjarak 14 km dari pusat kota. Objek wisata ini dilengkapi fasilitas olah raga, perahu wisata, mini zoo. Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke obyek wisata alam Hutan Raya Unmul dapat menggunakan kendaraan roda 4 kendati di sana sudah tersedia petugas dan pusat informasinya..

Citra Niaga
Citra Niaga merupakan kawasan pusat perdagangan yang dirancang untuk menyediakan tempat usaha bagi pedagang kecil (60%) serta pedagang besar dan menengah (40%). Karena konsep pembangunan dan arsitekturnya yang estetis, Citra Niaga memperoleh penghargaan internasional Aga Khan Award pada tahun 1987.

Pusat Perbelanjaan
Sebagai kota jasa dan perdagangan, di Samarinda terdapat 3 buah pusat perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya yakni Mall Lembuswana, Mall Mesra Indah dan Mall Samarinda Central Plaza (SCP).

Islamic Center
Masjid Islamic Center Samarinda adalah masjid yang terletak di Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, yang merupakan masjid termegah dan terbesar di Asia Tenggara. Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas sekitar 12 hektar dengan luas bangunan keseluruhan mencapai 50 ribu m2. Lokasi ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Bumi Emam Bumi Kalimantan, adalah bumi yang sangat eksotik dengan berbagai wisata alam dan budayanya yang akan terus di jaga dan dikembangkan tuk menjadi daerah wisata yang maju. Semoga informasi ini dapat melengkalpi perbendaharaan objek-objek atau tempat wisata kota samarinda kita yang tercinta ini.

Pingback : Kaltim Bangkit 2013

11 comments

    1. heheh… iya maaf saya kebetulan gak dapat gambar-gambar yang mewakili objek wisata yang saya tulis… mudah-mudahan lain waktu bisa di update dengan gambar-gambar yang bagus…

    1. iya, banyak objek2 wisata di samarinda yang cukup potensial sebenarnya jika dapat dikelola dengan benar,,, ya itu tadi tapi sayang pengelolaanya belum maksimal jadi banyak yang tidak terawat…

Leave a Reply

Your email address will not be published.