Tutorial Backtrack Bahasa Indonesia

Posted on

Tutorial Backtrack Bahasa Indonesia – Sudah lama sepertinya saya (Aditya Perdana) tidak bermain-main dengan sistem keamanan komputer. Bukan berarti saya jago masalah sistem keamanan (security) komputer tetapi saya biasanya melakukan ini untuk mengujiĀ  dan mengevaluasi keamanan jaringan dan keamanan server secara berkala. Hal ini dilakukan agar sistem keamanan komputer dapat terpelihara dengan baik seiring perkembangan teknologi saat ini.

Backtrack atau GNU/Linux Backtrack adalah sebuah distro linux biasa yang sama halnya seperti distro linux fedora atau ubuntu. Namun Distro Linux Backtrack ini mengkhususkan diri pada keamanan komputer atau jaringan. GNU/Linux Backtrack yang selanjutnya kita sebut saja sebagai Backtrack sangat terkemuka dalam hal penetrasi dan audit sistem keamanan komputer/jaringan saat ini.

Nah, bagi teman-teman yang biasa menggunakan Backtrack biasanya jarang sekali menemukan tutorial backtrack dalam Bahasa Indonesia, kebanyakan tersedia dalam bahasa-bahasa inggris. Kebetulan beberapa waktu lalu saya sempat mendapati sebuah wiki dari Onno W. Purbo yang berisi tutorial backtrack bahasa indonesia. Wiki tersebut beralamat di –

http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Backtrack

Semoga dengan adanya wiki dan tutorial backtrack bahasa indonesia ini dapat menambah pengetahuan kita tentang penetrasi dan audit keamanan komputer/jaringan yang kita miliki. Dan jangan pernah menyalahgunakan ilmu yang kita miliki untuk keperluan-keperluan tidak baik, gunakanlah untuk meningkatkan keamanan komputer/jaringan Anda.

Semoga bermanfaat…

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.