install warp di vps ipv6 untuk access ipv4 network

Install WARP di VPS IPv6 untuk access ke IPV4 network

Posted on

Melalui WARP yang terinstall pada VPS IPv6, VPS kita nantinya akan dapat melakukan interkoneksi / terhubung dengan jaringan IPv4 global (internet). Pada tulisan kali ini kita akan melakukan installasi WARP di VPS IPv6.

WARP sebenarnya adalah layanan akselerasi dan keamanan lalu lintas jaringan berbasis WireGuard yang disediakan oleh Cloudflare, yang memungkinkan kita mendapatkan perlindungan privasi dan pengoptimalan jaringan dengan menghubungkan ke node edge dari Cloudflare. Jadi dengan WARP ini kita akan memiliki koneksi VPN ke server yang akan bertindak sebagai gateway antar 2 jaringan IPv4 dan IPv6 sehingga kita dapat melewati ke-2 jaringan tersebut.

Disini saya akan menginstall warp pada VPS IPv6 gratis dari EUServ dan pada VPS IPv6 gratis dari Hax. Karena kedua server (VPS) tersebut hanya memiliki IPv6 sehingga tidak dapat berkomunikasi secara langsung dengan IPv4 network. Bagi yang ingin membuat VPS IPv6 secara gratis dapat membaca kedua link tersebut.

Silahkan login ke VPS kemudian jalankan perintah.

# wget -N https://cdn.jsdelivr.net/gh/fscarmen/warp/menu.sh && bash menu.sh

install warp

Pilih 1 atau 2, kebetulan disini saya coba memilih 2.

Pada pertanyaan “If you have Warp+ key, please enter it, or press enter to continue” jika kita memiliki akun WARP+ silahkan masukkan key-nya disini, namun jika tidak punya, silahkan kosongkan saja.

Selanjutnya jika ada pertanyaan “LXC or OpenVZ plan: 1. Wireguard-GO or 2. BoringTun (the default value option is 1), please select” pilih saja 1 (default).

Tunggu proses installasinya sampai dengan selesai. Jika proses installasi selesai kita akan mendapatkan layar informasi seperti berikut.

install warp on ipv6 server

Terlihat WARP kita sudah berjalan dan kita mendapatkan IPv4 address yang mana ini berarti VPS kita sudah dapat terhubung ke jaringan global IPv4. Untuk melakukan test, silahkan ping salah satu IP Public IPv4 yang kita ketahui, misalkan kita akan test ping ke IP Public DNS Google yaitu 8.8.8.8 dan sebuah domain.

warp ping ipv4

Terlihat kita sudah bisa melakukan ping ke Public IPv4 (IP Public DNS Google) dan juga jika kita ping sebuah domain (detik.com) yang melakukan reply adalah IPv4-nya.

WARP juga secara otomatis akan menambahkan satu network internface pada server VPS IPv6 kita, yang mana ini merupakan interface (address) poin to poin dengan server WARP.

warp network interface

Kita juga dapat melakukan test dengan melihat IP Address versi 4 VPS kita melalui website ipinfo.io melalui perintah curl.

warp ipinfo ipv4

Terlihat IP Address versi 4 yang digunakan VPS kita.

Perlu diperhatikan bahwa WARP tidak menyediakan alamat IP publik, melainkan menggunakan NAT untuk mengakses jaringan eksternal (global/internet) dan tidak dapat digunakan untuk mengakses VPS (SSH, dll). Jika kebutuhan Anda adalah memiliki alamat IPv4 publik yang dapat digunakan untuk mengakses VPS, maka Anda dapat menggunakan IPv4 Tunnel Broker.

Semoga bermanfaat…

UPDATE :

Untuk tipe virtualisasi OpenVZ, script diatas tidak bisa jalan. Sebagai gantinya bisa menggunakan script dibawah ini.

# wget -N https://cdn.jsdelivr.net/gh/fscarmen/warp/menu.sh && bash menu.sh

Namun sebelum menjalankan script diatas pastikan, TUN harus sudah enable terlebih dahulu. Untuk case VPS gratis dari Hax silahkan enable-kan melalui menu VPS Control. Untuk mengecek apakah TUN sudah active, jalankan perintah.

# cat /dev/net/tun
cat: /dev/net/tun: File descriptor in bad state

Leave a Reply

Your email address will not be published.