blog aditya perdana

Restore Blog WordPress

Posted on

Beberapa hari kemaren saya kepikiran untuk melakukan restorasi blog wordpress lama saya, kebetulan dulu sempat melakukan backup semua data blog wordpress saya, mulai dari seluruh folder public_html dan database mysql dari webhosting sebelum memutuskan untuk berhenti mengelola blog pribadi saya. Jadi, selama tahun 2013 sampai dengan 2020 kemaren bener-bener gak ada niatan sama sekali buat bikin blog. Tahun 2021 saya mulai lebih banyak belajar tentang apa itu DevOps dan Cloud Computing, dan kebetulan saya punya satu unit server hypervisor di kantor yang bisa saya pakai buat ngoprek/ngulik apa pun untuk belajar banyak hal, karena jujur selama 11 tahun terakhir ini saya gak pernah update banyak tentang perkembangan teknologi dalam bidang development maupun infrastructure termasuk cloud.

Latar belakang inilah yang akhirnya memunculkan keinginan kembali untuk membuat sekedar catatan/tulisan/dokumentasi tentang apa saja yang saya pelajari agar tidak lupa. Awalnya hanya ingin membuat blog baru dengan nama baru, karena domain lama saya sudah digunakan oleh orang lain dan setelah blog ini jadi saya malah jadi kepikiran dengan tulisan-tulisan saya di blog saya yang lama. Ya, gak semua tulisan saya di blog lama saya itu penting sih hanya saja terkadang dengan membaca tulisan-tulisan kita yang lama kita bisa mengingat-ingat kembali kenaangan dimasa lalu, apalagi kenangan masa kuliah karena blog saya sebagian besar saya tulis dimasa kuliah dulu, masih zaman alay dan gak penting banget.

Akhirnya saya coba mencari berkas atau file backup blog wordpress saya, setelah ketemu saya sempat berpikir apakah versi PHP dan MySQL yang ada di laptop saya bisa digunakan untuk untuk membuka blog wordpress saya, dan benar saja ternyata tidak bisa karena versi wordpress saya itu merupakan versi lama dan koneksinya ke database MySQL harus menggunakan PHP versi 5.6 kebawah.

Saya pun memutuskan untuk mendeploy sebuat virtual machine (VM) di IDCloudhost untuk menjalankan blog wordpress saya itu. Saya menjalankannya dengan menggunakan docker containner dengan nginx, PHP 5.4 dan MySQL 5.5 dan alhamdulillah blog wordpress saya jalan. Seneng rasanya bisa melihat tampilan blog wordpress saya pertama kali sejak terakhir kali melihatnya di Januari 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published.