Next Chapter : Installasi & Konfigurasi DNS Server dengan DJBDNS

Posted on

THE SOURCE CODE IS OBTAINED FROM www.djbdnsrocks.org
ALSO INCLUDED THE PATCH FOR DAEMONTOOLS, UCSPI & DJBDNS
THE SOURCE: djbdnsrocks.tar.gz

Asumsi-asumsi yang digunakan pada manual instalasi ini :

  • eth0 dengan ip address 192.168.1.1/24 digunakan sebagai dns server.
  • eth2 dengan ip address 172.17.1.11/16 digunakan sebagai caching name server.

Persiapkan – persiapan yang kudu di siapkan terlebih dahulu yaitu : suasana yang rileks, sejuk (adem/ayem) dan sedikit cemilan buat penambah semangat :))

Oke gak pake banyak basa-basi yang bisa bikin basi beneran, kita selesaikan aza sekarang… 😀

Yang ini beneran siapin dulu amunisinya sebelum bergrillia, semua package ada dalam source djbdnsrocks.tar.gz dan yang akan kita gunakan diantaranya :

  1. daemontools-0.76.tar.gz
  2. ucspi-tcp-0.88.tar.gz
  3. djbdns-1.05.tar.gz

i. Install Daemontools

# mkdir -p /usr/local/package
# chmod 1755 /var/package
# cd /var/package
# tar zxvf daemontools-0.76.tar.gz
# cd admin
# cd daemontools-0.76
# patch -p1 < /usr/local/package/daemontools_errnopatch
# package/install

ii. Install ucspi-tcp

# cd /tmp
# tar zxvf ucspi-tcp-0.88.tar.gz
# cd ucspi-tcp-0.88
# patch -p1 < /tmp/ucspi-tcp_errnopatch
# make
# make setup check

iii. Install djbdns

# cd /usr/local/src
# tar xvzf djbdns-1.05.tar.gz
# cd djbdns-1.05
# patch -p1 < patch -p1 < /usr/local/src/djbdns_errnopatch
# make
# make setup check

Konfigurasi djbdns sebagai external caching name server :

a. Buat acount yg akan menjalankan caching name server dan lognya

[[email protected] djbdns-1.05]# useradd dnscache -s /bin/false
[[email protected] djbdns-1.05]# useradd dnslog -s /bin/false

b. Bangkitkan file konfigurasi dan servis dari caching name server

[[email protected] root]# dnscache-conf dnscache dnslog /etc/dnscachex 172.17.1.11

c. Link direktori dnscachex ke direktori service

[[email protected] root]# ln -s /etc/dnscachex /service

d. Beritahukan dnscache untuk menerima queries dari ip 172.17.1.*

[[email protected] root]# touch /etc/dnscachex/root/ip/172.17.1

e. Set dnscache untuk dapat memforward queries ke dnscache external lainnya:

[[email protected] root]# echo 1 > /service/dnscachex/env/FORWARDONLY

f. Hapus semua ip address yang ada pada file /service/dnscachex/root/servers/@ dan ganti dengan IP DNS ISP tempat kita terhubung

[[email protected] root]# vi /service/dnscachex/root/servers/@

g. Restart dnscache

[[email protected] root]# svc -t /service/dnscachex

h. Lakukan pengetesan dnscache yg telah kita buat! Gantilah ip pada /etc/resolv.conf dengan ip dnscache yg telah kita buat, Contoh:

search student.unmul.ac.id
nameserver 172.17.1.11

Konfigurasi djbdns sebagai dns server :

a. Buat account yg akan menjalankan dnsserver dan lognya

[[email protected] djbdns-1.05]# useradd tinydns -s /bin/false
[[email protected] djbdns-1.05]# useradd tinylog -s /bin/false

b. Bangkitkan file konfigurasi dan servis dari dns server

[[email protected] root]# tinydns-conf tinydns tinylog /etc/tinydns 192.168.1.1

c. Link direktori tinydns ke direktori service

[[email protected] root]# ln -s /etc/tinydns /service

d. Buat domain authority dan host yang bertanggungjawab atas queries terhadap domain yang kita buat

[[email protected] root]# cd /service/tinydns/root
[[email protected] root]# ./add-ns xborneo.net 192.168.1.1
[[email protected] root]# ./add-ns 1.168.192.in-addr.arpa 192.168.1.1
[[email protected] root]# ./add-host xborneo.net 192.168.1.1
[[email protected] root]# ./add-mx xborneo.net 192.168.1.1
[[email protected] root]# ./add-alias aditya.xborneo.net 192.168.1.1
[[email protected] root]# ./add-alias mailadmin.xborneo.net 192.168.1.1
[[email protected] root]# ./add-alias mail.xborneo.net 192.168.1.1
[[email protected] root]# make

e. Beritahukan dnscache yg telah dibuat untuk menambahkan server lokal yang baru dibuat

[[email protected] root]# echo “192.168.1.1” > \ /etc/dnscachex/root/servers/xborneo.net
[[email protected] root]# echo “192.168.1.1” > \ /etc/dnscachex/root/servers/1.168.192.in-addr.arpa
[[email protected] root]# svc -t /service/dnscachex

f. Lakukan pengetesan dns server yg telah dibuat, apabila berhasil, selamat anda telah berhasil mengkonfigurasi dns server dengan djbdns 🙂

[[email protected] root]# cd /usr/local/bin
[[email protected] bin]# ./dnsip xborneo.net
192.168.1.1

Oke… Cemilan dah abiz gawean juga dah selesai… saatnya nonton film naruto dulu :))

7 comments

  1. Teori bekerja DNS

    Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen:
    1. DNS resolver, sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.
    2. recursive DNS server, yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut;
    3. authoritative DNS server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya)
    thanks before…

    Semoga bermanfaat.

    Salam dari kami :
    KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA

  2. hiiii

    mw nanya nh,,
    klo konfigurasi cache n dns servernya di pisah y pc nya??

    klo cuma buat cache nya aja bisa dikatakan dns g y??
    makasi..

  3. mo nanaya
    misal sudah di create seperti ini:
    [[email protected] root]# ./add-alias mailadmin.xborneo.net 192.168.1.1
    [[email protected] root]# ./add-alias mail.xborneo.net 192.168.1.1

    ternyata salah mo diganti ip nya ke mesin dgn ip 192.168.1.5
    bagaimana cara menghapus yg di mesin dgn ip 192.168.1.1 di mesin dns server tersebut.
    tx 8-|

Leave a Reply to KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA Cancel reply

Your email address will not be published.