tips blogspot

Memunculkan Linkwithin Hanya Pada Single Post Blogspot

Posted on

Jika pada artikel yang lalu Aditya Perdana sudah sama-sama berbagi tips bagaimana membuat iklan melayang di blogspot. Kali ini bagi Anda yang memiliki blog dengan engine blogspot, biasanya agak sedikit kesulitan jika ingin menampilkan related post atau “artikel terkait” dibawah postingan yang sedang dibicarakan. Nah, linkwithin adalah salah satu widget gratis dan cukup simple untuk menampilkan related post dengan thumbnails. Sangat menarik bukan ?

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda tinggal menuju ke website resminya LinkWithin. Diasana Anda isikan beberapa data yang diminta sebelum Anda mendapatkan widget gratis ini. Nanti Anda akan diarahkan ke halaman intruksi untuk menginstall widget linkwithin tersebut pada blog Anda. Ikuti saja semua langkahnya (sangat mudah) hingga selesai.

Sekarang Anda telah memiliki related post with thumbnails pada blog Anda. Nah, jika diperhatikan linkwithin membuat related post pada semua artikel yang ktia punya pada halaman depan blog atau yang kita sering sebut sebagai hompage/frontpage. Bagi saya pribadi saya kurang menyukai hal ini, saya cenderung menginginkan related post tampil pada saat saya membaca satu artikel penuh pada blog (setelah kita meng-klik “read more” atau title postingan). Kalau di wordpress seringkali disebut sebagai halaman tunggal atau single post. Sampai disini sudah paham maksut saya bukan.

memunculkan linkwithin pada single post blogspot

Bagi Anda yang memiliki tujuan yang sama dengan saya, yaitu memunculkan linkwithin pada single post blogspot, Anda dapat mengikuti apa yang saya lakukan dibawah ini. Saya sendiri sudah mencobanya dan berhasil.

Oke, langsung saja ikuti cara-cara seperti dibawah ini :

  • Login ke blogger.com
  • Kemudian klik desing atau tata letak
  • Pastikan pilihan Anda ada pada Page Elements atau Elemen Halaman
  • Cari widget linkwithin Anda, kemudian klik edit dan copy code script dari widget linkwithin tersebut (salin saja di notepad).
  • Setelah code script linkwithin di copy, sekarang Anda dapat menghapusnya. Remove widget tersebut.
  • Sekarang Anda pndah ke tab Edit HTML (masih di page desing/tata letak)
  • Jika Anda tidak biasa melakukan ini, sebaiknya template Anda dibackup terlebih dahulu. (Karena apa yang Anda lakukan adalah sepenuhnya tanggaung jawab Anda sendiri, saya tidak bertanggung jawab terhadap itu).
  • Cari kode </body>. Biasanya terletak paling bawah template Anda.
  • Kemudian sebelum kode </body> tersebut, Anda sisipkan kode berikut :
 ISIKAN DENGAN CODE SCRIPT LINKWITHIN YANG TADI SUDAH DICOPY

  • Setelah selesai klik “Save Template”

Sekarang Anda lihat hasilnya, dan Anda akan menemukan Related Post with thumbnails hanya akan ada pada single post blogspot Anda. Anda dapat melihat apa yang saya lakukan ini berkerja pada blog kumpulan gambar lucu dan unik milik saya. Semoga tips ini bermanfaat dan semoga sukses…

14 comments

  1. Udah ngikutin intruksi diatas tp koq tdak bisa ya bos?
    kode diatas+kode linkwithin nya ditempatin diatas kode kan? tp malahan tdk muncul, ane terpaksa balikin ke semula 🙁
    Mohon solusinya bos kirim ke email ane jackdn71 [at] yahoo.com.
    terimakasih 🙂

    1. sudah liatkan contoh yang runningnya di blog ane yang blogspot…

      kode linkwithin ditempatkan bawah kode

      dan diatas kode

      itu aja sob, trus pastikan semuanya itu berada diatas

Leave a Reply

Your email address will not be published.