Install dan Remove Package di Slackware

Posted on

Sebenarnya ini hanya sebuah dokumentasi pribadiku aza tentang apa-apa saja yang pernah aku lakukan dan aku pelajari. Karena sifat manusia yang tidak pernah luput dari lupa, untuk itu aku selalu membuat dokumentasi buat diriku sendiri. Ya, sukur-sukur apa yang aku niatkan hanya untuk aku sendiri ini ternyata juga bermamfaat sedikit buat orang lain… 😀

Beberapa hari ini maen-maen di Slackware karena kemaren coba-coba mau bikin server untuk keperluan web server, DNS, dan Mail servernya pake distro Slackware. Namanya juga newbe masih dodol sana sini, ilmunya cetek banget… 😛

Karena ngistall slackware dengan spesifikasi untuk server makanya hanya beberapa group package yang di install… alhasil setelah slackware-nya running and mau management package yang bisanya cuman tau gunain “pkgtool” binggung karena pkgtool gak ada (mungkin gak terinstall :)) )

Untuk keperluan install package yang biasanya di compile dari source mungkin gak ada masalah… tapi gimana caranya klo mau install package yang ada di CD slackware-nya atau untuk meng-uninstall package yang telah terinstall pada saat installasi slackware pertama… Tunk…Tunk…Tunk… :))

Cari-cari dokumentasi sana-sini dapet dikit pengetahuan…

Tools yang sering digunakan:

  1. installpkg – untuk menginstall paket tgz (console)
  2. removepkg – untuk menguninstall paket (console)
  3. pkgtool – versi tampilan grafis dalam modus konsol yang memudahkan kita untuk menginstall dan meremove paket paket yang sudah ada di komputer kita. Lebih mudah karena kita bisa meremove langsung banyak paket dalam satu waktu.

Ya…dikit-dikit di catet dalam blog sendiri supaya ntar-ntar klo lupa bisa baca-baca dikit… ben’ ingat maksutnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.