Facebook Chat for Pidgin

Posted on

Pidgin, mungkin sebagain dari kita sudah banyak yang tahu tentang software chat client satu ini atau juga mungkin ada diantara kita yang mungkin baru mendengarnya. Bagi yang baru petama kali dengar sedikit mengenai pidgin adalah program yang dapat digunakan untuk login ke account pada beberapa jaringan chatting sekaligus. Ini berarti Anda dapat chatting dengan teman-teman di MSN, berbicara kepada seorang teman di Google Talk, dan duduk di Yahoo chat room semua pada saat yang sama.

Pidgin berjalan pada Windows, Linux, dan sistem operasi UNIX lainnya. Pidgin kompatibel dengan jaringan obrolan (chat) dariย  : AIM, ICQ, Google Talk, Jabber / XMPP, MSN Messenger, Yahoo, Bonjour, Gadu-Gadu, IRC, Novell Groupwise Messenger, QQ, Lotus Sametime, SILC, SIMPLE , MySpaceIM, dan Zephyr. Dapat lebih banyak dukungan dengan plugins.

Salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah mengkondisikan agar pidgin dapat berfunsi sebagai chat client di Facebook. Jadinya tanpa membuka facebook kita dapat melihat teman-teman facebook kita dan dapat ngobrol (Chat) dengan mereka secara langsung seperti Chat kita di YM (Yahoo Messanger).

Cuman 1 kekurangan pidgin adalah belum mensupport penggunaan webcam ๐Ÿ™

Oke, lanjut lagi untuk menggunakan pidgin sebagai chat client facebook kita. sebelumnya tentu kita sudah menginstall pidgin terlebih dahulu pada sistem operasi kita (Linux or windows). Silahkan download disini untuk sistem operasi windows.

Setelah itu lanjutkan dengan menginstall plugins untuk chat facebooknya. Silahkan download filenya :

  • pidgin-facebookchat for debian packages
  • pdigin-facebookchat for windows

Silahkan install sesuai sistem operasi kita. Setelah itu add account baru dengan memilih protocol facebook kita. sekarang kita bisa chat dengan temen-temen facebook kita dengan Chat Client tanpa harus membuka website facebook terlebih dahulu. ๐Ÿ˜€

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.