Training Mikrotik Fundamental

Posted on

Hari ini baru pulang dari Jakarta setelah selama kurang lebih 4 hari disana. Saya berangkat ke Jakarata dengan pesawat Lion Air dari Bandar Udara Sepinggan Balikpapan. Saat itu tanggal 28 Juli 2009. Saya bersama rekan-rekan sekantor lainnya yaitu Pak Lukman Hakim, Mas Intra Wahyudi (IW) dan Hidayatul Muttaquie (Dayat) tiba di Kantor Penghubung Kaltim (Mes Kaltim) di jalan Kramat II No.42 Kwitang, Jakarta. Saat itu kita-kira pukul 13.00 WIB.

Hari pertama setelah tiba, makan siangย  dan menaruh semua barang-barang bawaan di penginapan, saya dan rekan-rekan lainnya lanjut ke Mangga Dua. Pinginnya hunting radio wireless dan modem HSDPA, tapi karena tidak ketemu barang-barang yang cocok akhirnya kami kembali ke penginapan setelah makan malam disana. Sesampai di penginapan waktu sudah pukul 20.00 WIB, Akhirnya hari itu ditutup dengan istirahat dan tidur untuk mempersiapkan diri buat keesokan harinya.

Sebenarnya kami berada disana tidak lain untuk mengikuti Training Mikrotik Fundamental. Training tersebut berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 29-31 Juli 2009 yang bertempat di Pusat Training Center Ufoakses Jakarta Jl. Sultan Hasanudin No. 41, Blok M, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Training tersebut di bawakan oleh Bapak Nico Malun dan dimulai pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB dan selesai setelah pukul 17.00 WIB. Pagi harinya kami harus berangkat dengan menggunakan Taxi dari Kramat II (Mes Kaltim) ke Blok M (Ufoakses Training Center), 1 jam sebelum training dimulai dan pulangnya, tiba di penginapan kira-kira pukul 18.30 WIB. Malamnya ya diisi dengan istirahat dan membaca buku-buku yang baru saya beli di Gramedia Blok M.

Kira-kira seperti itulah setiap harinya selama 3 hari berturut-turut kegiatan saya dan teman-teman sekantor saya selama di Jakarta. Mungkin diantara Anda ada yang bertanya. Apa saja yang saya dapat dan pelajari disana (red : Traning Mikrotik) ? Wah, sangat banyak ilmu dan pengetahuan baru yang saya dapat selama training. Selama ini paling-paling saya mengenal mikrotik untuk kebutuhan kerja saya hanya sebagai gateway dan shapper bandwidth. Tetapi disana saya banyak menemukan hal-hal baru tentang mikrotik baik sebagai RouterOS maupun sebagai RouterBoarod.

Hal-hal yang saya perlajari selama saya mengikuti training adalah :

  1. Introduction
  2. CLI
  3. TCP/IP
  4. Mikrotik sebagai gateway
  5. DHCP
  6. Bridge
  7. Firewall NAT
  8. Firewall Mangle
  9. Routing Static
  10. QoS
  11. Wireless
  12. Tunnel & VPN
  13. Hotspot

Kok sepertinya dasar banget ? Ya, saya memang mengikuti Traingin Fundamental. Diatas ini ada lagi Training Advance-nya. Sebelum saya ke Jakarta saya sempat berfikir Fundamental !!! Ach… itukan dasar banget dan sebagian besar dasar-dasar mikrotik saya sudah tahu secara otodidak sewaktu saya berkerja di ICT Center Universitas Mulawarman (Unmul). Tetapi pikiran saya ternyata salah besar. Saat menjalani Traning, banyak hal-hal baru yang belum saya ketahui selama ini. Ternyata saya selama ini hanya mengetahui sebagian kecilnya saja, bahkan sangat kecil. Bersama teman-teman ketika ngobrol Fueh… Fundamentalnya aja begini, gimana dengan Advance-nya ? ho…3x seperti itulah obrolan kami ketika selesai traning. ;))

Mudah-mudahan saya ada kesempatan kembali untuk ikut dalam Training Mikrotik Advance-nya. Dan mudah-mudahan lagi Training tersebut dilaksanakan di- Ufoakses Training Center Batam sekaligus sertifikasi mikrotik (MTCNA). Karena kan di Jakarta saya sudah pernah. :p Jadi ingin di daerah lain yang belum pernah kesana ๐Ÿ˜€ (Amien…)

4 comments

  1. Pak Aditya, kami atas nama karyawan PT Ufoakses Jakarta mengucapkan terima kasih atas apresiasi bapak atas training mikrotik di PT Ufoakses. Salam juga sama teman-teman yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.