Setting NTP Client di RouterBoard Mikrotik

Posted on

Bagi pengguna RouterBoard tentu permasalahan jam (Clock) pada sistem operasi mikrotik harus menjadi salah satu perhatian penting. Hal ini berkaitan dengan pembacaan log system nantinya. Jadi, saat terjadi trouble kita dapat mengetahui permasalahan apa yang terjadi berdasarkan log dengan waktu yang aktual. Waktu dan tanggal di mikrotik juga menjadi sangat vital apabila routerboard di fungsikan sebagai billing server untuk aplikasi RT/RW-NET misalnya.

Untuk dapat mengkonfigurasi waktu dan tanggal pada routerboard kita yang nantinya akan tersinkronisasi secara periodik dengan waktu dan jam pada server tertentu, maka kita dapat menggunakan fasilitas NTP Client. NTP Client terdapat pada semua jenis dan varian routerboard mikrotik sedangkan NTP Server biasanya hanya ada pada PC Router.

Untuk melakukan setting NTP Client di RouterBoard Mikrotik, caranya sangatlah mudah, Anda dapat mengakses menu System > NTP Client pada Winbox.

setting ntp client di routerboard mikrotik

Kemudian, isi Primary NTP SErver dengan alamat IP NTP Server yang akan kita gunakan. Dalam hal ini saya menggunakan server NTP id.pool.ntp.org atau 114.141.48.158, ada banyak NTP Server yang ada di Internet dan bagi Anda pengguna Speedy, NTP Server telkom dapat Anda manfaatkan yaitu alamat IP DNS Server Telkom, karena DNS Server Telkom juga digunakan sebagai NTP Server Telkom sendiri.

konfigurasi jam dan tanggal otomatis pada router mikrotik

Jika sudah selesai, mari kita lihat perubahannya pada log system mikrotik.

ntp server dan ntp client di mikrotik

Perhatikan tanggal dan jam-nya sekarang sudah tersinkronisasi dengan benar, yang sebelumnya tanggal 2 Jan 1970.

Leave a Reply

Your email address will not be published.