Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Posted on

Laptop saat ini telah menjadi kebutuhan sebagai alat bantu kerja bagi sebagian besar masyarakat. Tips merawat baterai laptop agar tahan lama kiranya sangat penting untuk diketahui karena saat ini banyak pegawai negeri, karyawan perusahaan, mahasiswa maupun siswa sekolah telah menggunakan laptop sebagai alat bantu mereka. Jika dahulu kita pernah membahas mengenai Ipad, gadget canggih ala Apple dan juga Cara Mudah Merawat iPad. Kali ini kita kembali akan membahas secara khusus tips merawat baterai laptop agar tahan lama. Silahkan disimiak…

Sebenarnya tidaklah susah untuk merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama, Anda dapat mengikuti beberapa tips merawat baterai laptop dibawah ini :

    1. Matikan Wi-Fi dan BlueTooth – Kebanyakan laptop memiliki tombol shortcut untuk jaringan nirkabel seperti bloetooth atau wireless, Anda dapat mematikannya jika tidak sedang menggunakannya.
    2. Jangan terlalu sering bermain game komputer, mendengarkan musik atau menonton film di laptop – Karena kegiatan multimedia cukup menguras baterai laptop.
    3. Sebaiknya lepaskan semua perangkat eksternal seperti modem PC Card, Firewire, perangkat USB dan drive optik. Jika tidak perlu mengunakan mouse eksternal gunakan saja touchpad laptop. Ini sedikit banyak akan menghemat penggunaan baterai laptop.

[adsense]

  1. Gunakan penyesuaian kecerahan layar (screen brightness) Anda – Peredupan layar Anda menghemat daya baterai.
  2. Tweak Windows Power Options – Pilih power scheme pada laptop Anda agar laptop mematikan layar monitor dan hard disk setelah 10 menit apabila tidak ada aktivitas.
  3. Mengurangi atau menonaktifkan volume laptop speaker jika sedang tidak digunakan
  4. Matikan semua scheduled tasks.
  5. Matikan fitur Auto-save di Microsoft Office dan aplikasi lainnya.
  6. Jika Laptop Anda memiliki built-in wireless card, matikan atau nonaktifkan saat tidak digunakan.
  7. Program yang dijalankan dari CD atau DVD sebaiknya dapat Anda disalin ke hard disk dan dijalankan dari hard disk saja,  karena menjalankan program atau aplikasi dari hard disk lebih hemat kunsumsi power listrik ketimbang dari optical drive.

tips merawat baterai laptop agar tahan lama

Mencari baterai laptop yang tahan lama? Sebenarnya, banyak faktor yang dapat mempengaruhi umur baterai laptop. Dan banyak juga yang bertanya bagaimana cara memperpanjang umur baterai laptop? Berikut adalah beberapa tips untuk memperpanjang umur baterai laptop Anda :

  1. Jika Anda tidak menggunakan laptop Anda untuk waktu yang lama (seminggu atau lebih), lepaskan baterai dari laptop.
  2. Jangan biarkan baterai berada dalam suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jangan biarkan baterai Anda  berada dalam suhu yang terlalu panas, misalnya di dalam mobil yang di parkir dilapangan bola atau Anda menaruh baterai laptop di dalam kulkas itu sangat tidak disarankan… :swt2:
  3. Sebaiknya gunakan steker adaptor charger laptop Anda  ke UPS dan tidak langsung ke stopkontak listrik atau pelindung gelombang.
  4. Sebaiknya mengisi penuh baterai baru sebelum digunakan.
  5. Jangan membiarkan baterai laptop selalu tercharger terus menerus dalam jangka waktu lama, segera lepas listrik ketika baterai telah penuh.

Mudah-mudahan sedikit tips merawat baterai laptop agar tahan lama ini, sedikit banyak dapat memberi manfaat… :peace:

Leave a Reply

Your email address will not be published.