How To Exclude Categories In Front Page

Posted on

Maksut dari tulisan Aditya Perdana kali ini adalah “How To Exclude Categories In Front Page“, saya sebenarnya agak binggung mau menulis judulnya dalam bahasa indonesia, tetapi dari sini sudah jelas apa yang akan kita lakukan, yaitu tutorial blog, bagaimana membuat pengecualian berdasarkan kategori di dalam halaman depan (front page) atau mungkin sebagian orang menyebutnya home page. Akhirnya saya putuskan untuk membuat judul How To Exclude Categories In Front Page biar lebih umum :swt2:

Kali ini kita akan membuat function di wordpress, jika dahulu kita membuat Membuat Related Posts tanpa Plugins nah kali ini kita akan membuat function untuk memfilter/pengecualian berdasarkan kategori (How To Exclude Categories In Front Page) agar tidak ditampilkan pada halaman front page/home page di wordpress.

Langkah yang harus Anda lakukan adalah, catat ID Categories yang akan di filter. Anda dapat melakukannya melalui menu, Posts > Categories, kemudian pilih kategori yang akan di filter dan lihat URL-nya pada bagian akhir biasanya berformat &cat_ID=xx, dimana xx adalah ID Categories-nya.

Jika, Anda sudah mencatat ID Categories ini, sekarang silahkan buka menu editor themes wordpress Anda, khususnya bagian function themes. Tambahkan fungction berikut ini :

# exclude categories from the home page
function exclude_category($query) {
if ( $query->is_home ) {
$query->set('cat', '-xx');
}
return $query;
}
add_filter('pre_get_posts', 'exclude_category');

Dari sepenggal script function How To Exclude Categories In Front Page diatas, Anda dapat memasukan ID Categories yang Anda catat tadi pada bagian -xx.

Apabila Anda akan memasukan lebih dari satu ID Categories (Excluding multiple categories), Anda dapat menggunakan format penulisan seperti dibawah ini :

$query->set('cat', '-1 -2 -3 -4 -5');

Atau kalau Anda benar-benar berencana mau memfilternya juga dalam menu archive pages (Excluding categories from archive pages), Anda juga dapat memodifikasi script function How To Exclude Categories In Front Page itu pada bagian

if ( $query->is_archive ) {

menjadi

if ( $query->is_home || $query->is_archive) {

Sekarag coba Anda lihat bagian halaman depan wordress Anda, Categories yang sudah kita filter tadi sudah tidak ada lagi di front page namun bukan berarti tidak Anda sama sekali di dalam blog Anda, artikel tersebut masih bisa Anda buka dengan mengklik post berdasarkan kategori tentunya.

Semoga tutorial blog “How To Exclude Categories In Front Page” ini bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published.