Tips Atasi Kantuk Saat Berkerja di Bulan Puasa

Posted on

Tidak terasa sudah tiga hari kita menjalani ibadan Puasa di Bulan Ramadhan ini. Bagi saya peribadi awal-awal puasa adalah hal yang cukup berat karena tubuh saya berusaha menyesuaikan perubahan-perubahan yang terjadi baik itu perubahan pola tidur dan perubahan pola makan. Harus bangun di tengah malam untuk makan sahur dan sholat malam, kemudian pagi-pagi harus kermbali berangkat berkerja. Tidaklah heran tubuh ini mulai merasa lemas dan lelah, apalagi di waktu siang ke sore hari.

Bekerja di kantor dengan menggunakan pendingin ruangan (AC) akan membuat mata cepat semakin cepat mengantuk, padahal masih banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Berikut ini ada beberapa tips atasi kantuk saat berkerja di bulan puasa.

1. Bangkit dari tempat duduk dan berjalan

Berjalan kaki selama 10 menit ternyata bisa membangkitkan energi selama 2 jam ke depan. Sementara, jika mengkonsumsi cokelat, energi yang bertahan kurang dari sejam. Ini adalah hasil studi Robert Thayer, PhD, profesor di California State University. Berjalan kaki ternyata bisa mendorong oksigen ke seluruh tubuh.

2. Tidur siang sejenak

Jangan tidur siang lebih dari 1 kali, dan jangan terlalu dekat dengan jam tidur. Tidur siang cukup berlangsung antara 5-25 menit per hari. Berikan jarak sekitar 6-7 jam sebelum jam tidur normal Anda. Kalau Anda harus, tidur siang di kantor memang agak berisiko. Cobalah ambil waktu untuk tidur siang di jam makan siang, jangan lupa pasang alarm.

3. Redakan ketegangan mata

Terus menerus menatap layar monitor juga bisa membuat mata lelah dan memperparah rasa kantuk. Cobalah menatap ke titik yang sangat jauh secara periodik untuk meredakan ketegangan pada mata Anda.

4. Berbincang-bincang

Jika Anda merasa kantuk mendadak yang sangat parah, cobalah cari bahan obrolan dengan teman sekantor atau siapa pun. Coba bicarakan sesuatu yang sifatnya butuh daya pikir, misal, tentang politik, ide, atau kondisi sesuatu yang perlu pemikiran.

5. Pasang lampu terang

Cahaya temaram membuat otak merasa sudah saatnya untuk beristirahat. Studi mengatakan, cahaya terang bisa mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

6. Ambil napas dalam-dalam

Mengambil napas dalam-dalam akan membantu meningkatkan level oksigen di dalam tubuh. Hal ini akan mengurangi detak jantung, mengurangi tekanan darah, dan membantu sirkulasi, pada akhirnya akan membantu performa mental dan energi.

7. Ganti tugas untuk menstimulasi pikiran

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang bekerja dengan pekerjaan monoton akan mengganggu kewaspadaan seseorang. Cobalah untuk mengganti pekerjaan dan mengganti aktivitas setiap kali Anda merasa sudah mulai mengantuk. Hal ini membantu otak untuk bekerja dan berpikir, supaya tidak terasa ingin tidur.

8. Cahaya matahari

Ritme sirkadian kita membantu menentukan ritme tidur-bangun kita ternyata punya pengaruh dari sinar matahari. Cobalah untuk menghabiskan waktu setidaknya 30 menit di luar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari. Berjalan sejenak di sore hari akan membantu membangkitkan indera Anda supaya lebih terjaga.

9. Olahraga untuk menambah tenaga

Berolahraga di waktu yang memungkinkan akan menambah stamina dan energi serta mengurangi rasa lelah di sore hari. Berolahraga secara teratur juga meningkatkan kualitas tidur. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit per hari. Pastikan Anda selesai berolahrga beberapa jam sebelum waktu tidur sehingga Anda tidak terlalu berenergi saat ingin tidur.

10. Batasi Kalori Saat Sahur

Mengonsumsi terlalu banyak kalori di pagi hari bisa membuat Anda lekas mengantuk sebelum pertengahan hari tiba.

11. Banyak Minum Air Putih

Menurut penelitian, kurangnya cairan di dalam otak juga bisa menimbulkan rasa kantuk dan menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.

12. Gunakan Aromaterapi

Banyak orang sudah merasakan manfaat aromaterapi dalam menciptakan mood. Bukan hanya di spa atau pusat-pusat kecantikan, aromaterapi juga dapat digunakan di tempat kerja.

Semoga beberapa tips ringan diatas dapat bermanfaat bagi Anda terlebih bagi saya pribadi, Selamat menjalankan ibadah puasa, tetap sehat dan tetap semangat.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.