Tahun Baru Islam 1 Muharam 1431 H

Posted on
Tahun Baru Islam adalah salah satu hari yang penting dalam Islam. Meskipun tidaklah sepenting hari raya Iedul Fitri atau Iedul Adha, atau hari yang tidak ada ibadah khusus di dalamnya, Tahun Baru Islam tetaplah penting. Dengan penetapan jatuhnya 1 Muharram, selanjutnya berbagai ibadah lainnya dapat ditentukan seperti puasa Asyura (10 Muharram), puasa 3 hari di pertengahan bulan Islam, maupun waktu untuk melakukan pengamatan hilal guna menentukan datangnya bulan Shafar dan seterusnya. Bagi sebagian ummat, tahun baru Islam juga digunakan sebagai momentum untuk melakukan evaluasi/muhasabah.
Seperti telah diketahui, di Indonesia tanggal 1 Dzulhijjah 1430 H jatuh pada hari Rabu, 18 Nopember 2009. Ini juga hampir serentak di berbagai belahan dunia termasuk Saudi Arabia, sehingga terjadi keseragaman hari raya Iedul Adha 10 Dzulhijjah 1430 H yaitu hari Jumat 27 Nopember 2009.
Dengan demikian, tanggal 29 Dzulhijjah 1430 H jatuh pada hari Rabu, 16 Desember 2009. Pada hari Rabu sore tersebut jika ingin dilakukan pengamatan hilal di Indonesia, hasilnya Insya Allah negatif. Hal ini disebabkan, konjungsi matahari-bulan-bumi secara geosentrik terjadi setelah matahari terbenam, tepatnya pada pukul 19:02 WIB. Demikian pula pada hari Rabu tersebut, bulan terbenam lebih awal daripada matahari. Dengan demikian, hari Kamis 17 Desember 2009 dihitung sebagai 30 Dzulhijjah 1430 H. Dan akhirnya, Tahun Baru Islam 1 Muharram 1431 H Insya Allah bertepatan pada hari Jumat, 18 Desember 2009.

Hari ini tanggal 18 Desember 2009 atau 1 Muharam 1431 H merupakan hari tahun baru Islam. Tahun Baru Islam adalah salah satu hari yang penting dalam Islam. Meskipun tidaklah sepenting hari raya Iedul Fitri atau Iedul Adha, atau hari yang tidak ada ibadah khusus di dalamnya, Tahun Baru Islam tetaplah penting. Dengan penetapan jatuhnya 1 Muharram, selanjutnya berbagai ibadah lainnya dapat ditentukan seperti puasa Asyura (10 Muharram), puasa 3 hari di pertengahan bulan Islam, maupun waktu untuk melakukan pengamatan hilal guna menentukan datangnya bulan Shafar dan seterusnya. Bagi sebagian ummat, tahun baru Islam juga digunakan sebagai momentum untuk melakukan muhasabah diri.

Semoga ditahun yang baru ini kita dapat terus meningkatkan amal ibadah kita kepada Allah SWT dan terus dimudahkan rizky oleh -Nya. Amien…

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.