Bot Telegram

Shell Bot Telegram di VPS

Posted on

Terkadang ada kalanya perlu menjalankan task-task kecil di VPS namun malas untuk membuka putty untuk melakukan remote ke VPS. Salah satu yang paling sering membantu saya adalah Bot Telegram. Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis cloud yang bersifat gratis. Salah satu kelebihan telegram dari aplikasi pengirim pesan instan lainnya yaitu kita bisa membuat bot (robot) untuk banyak sekali keperluan berbasis real time messanging.

Tulisan kali ini saya akan membuat catatan kecil penggunaan shell bot telegram di VPS. Bot Telegram yang akan kita gunakan adalah shell-bot yang dapat dipergunakan secara bebas dan gratis. Namun sebelum kita melakukan installasi shell bot ini di dalam VPS, yang pertama kita lakukan adalah membuat bot telegram dari BotFather.

1. Membuat Bot Telegram

Cari akun BotFather (@BotFather) di akun telegram kita, kemudian ketik /start kemudian ketik /newbot selanjutnya set nama bot dan username yang kita inginkan sesuai dengna intruksi dari BotFather setelah selesai kita akan mendapatkan token. Token ini akan kita gunakan nantinya saat proses installasi shell-bot di VPS.

2. Installasi Shell-bot

Disini saya menggunakan sistem operasi Ubuntu 20.04.

$ sudo apt install -y make python build-essential
$ git clone https://github.com/botgram/shell-bot.git
$ cd shell-bot
$ sudo apt install npm
$ npm install

Jalankan shell-bot untuk proses inisiasi bot telegram

$ node server

Masukkan token yang kita dapatkan saat pembuatan bot telegram di BotFather. Kemudian lakukan chat / kirim pesan apa saja ke bot telegram sesuai dengan intruksi. Jika sudah, proses inisiasi bot kita sudah selesai. Untuk menjalankan bot kita kembali, lakukan perintah yang sama.

$ node server

Sampai ada tulisan Bot ready. Silahkan test kirim pesan ke bot telegram kita dengan menjalankan linux command yang diawali dengan perintah /run. Misalkan untuk menjalankan perintah $ free -h di VPS, kita kirim pesan ke bot telegram dengan format /run free -h.

shell-bot telegram vps

3. Menjalankan Bot Telegram saat VPS Boot

Selanjutnya kita akan membuat bot telegram kita berjalan di background dan dijalankan otomatis saat VPS bootup / reboot. Agar bot berjalan saat booting maupun saat crash, kalian bisa install forever.

$ sudo npm install -g forever

Kemudian kita akan scheduler dengan crontab agar menjalankan bot saat VPS boot up / reboot.

$ crontab -e
@reboot /usr/local/bin/forever start /home/ubuntu/shell-bot/server.js

Sampai disini pembuatan shell bot telegram di VPS sudah selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.