rilis ubuntu 21.10 impish indri

Rilis Ubuntu 21.10 Impish Indri

Posted on

Ubuntu 21.10 Impish Indri – Canonical telah resmi mengumumkan rilis ubuntu terbaru yaitu Ubuntu 21.10 pada tanggal 14 Oktober 2021. Ini meruakan rilis reguler mengikuti jadwal rilis resmi mereka pada bulan april dan oktober setiap tahunnya. Canonical sendiri rencananya akan merilis Ubuntu LTS pada tahun depan dibulan april yaitu Ubuntu 22.04 LTS, dimana versi LTS (Long Term Support) ini akan mendapatkan dukungan maintenance dan update selama 5 tahun dari Canonical.

Ubuntu biasanya menggunakan rilis reguler untuk memperkenalkan perkembangan dan fitur baru yang diharapkan stabil pada saat rilis jangka panjang (LTS) berikutnya bergulir.

Salah satu bagian yang paling menarik dalam rilis Ubuntu 21.10 Impish Indri kali ini adalah Ubuntu menghadirkan GNOME 40 yang merupakan versi terbaru dari GNOME. Pada rilis Ubuntu 21.04 lalu banyak pengguna Ubuntu yang sedikit kecewa karena tidak mendapatkan GNOME 40 namun saat ini Canonical menjawab kekecewaan penggunannya tersebut melalui rilis Ubuntu 21.10 kali ini.

Bagian lainnya yang mendapatkan pembaruan adalah aplikasi perkantoran LibreOffice telah diperbarui ke versi 7.2. Jadi termasuk menu pencarian, tampilan, waktu startup yang lebih cepat, dan kompatibilitas terhadap Microsoft Office jadi lebih baik.

Ubuntu 21.10 Impish Indri menghadirkan versi 93 terbaru untuk web browser Firefox. Penting untuk dicatat, bahwa Ubuntu menjadikan Firefox Snap sebagai versi default untuk instalasi baru Ubuntu 21.10. Tetapi jika kita tidak menyukai Snaps, Mozilla juga menyediakan binari Linux distro-agnostik untuk diunduh.

Ubuntu 21.10 Impish Indri hadir dengan kernel Linux 5.13 , yang memperkenalkan dukungan untuk perangkat keras baru dan menambahkan dukungan untuk chip Apple M1.

Sampai saat ini saya sendiri masih menggunakan ubuntu 20.04 LTS untuk sebagian server saya dan lab.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.