Pemerintahan yang Berwawasan Lingkungan

Posted on

Gubernur Kalimantan Timur H. Awang Faroek Ishak tak henti-hentinya mengingatkan kepada seluruh masyarakat  Kaltim untuk mendukung program Kaltim Green atau Kaltim Hijau.  Yang mana ini telah menjadi komitmen bersama masyarakat Kalimantan Timur dan telah menjadi kesepakatan bersama pula pada tanggal 7 Januari 2010 yang lalu. Kaltim Green layak mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat karena Kaltim Green adalah awal dari proses pelaksanaan pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan (green development) dengan basis tata kelola pemerintahan yang berwawasan lingkungan (green governance).

Gubernur Kaltim, H. Awang Faroek Ishak menyerukan agar pelaksanaan kaltim Green dapat menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat dan warga Kalimantan Timur. Ini  adalah komitmen pemerintah provinsi kaltim, komitmen seluruh masyarakat kaltim dan komitmen untuk menjaga lingkungan agar tetap hijau untuk anak cucu kita. Seperti itulah kira-kira yang selalu didengungkan oleh Gubernur Kaltim setiap kali beliau berbicara soal lingkungan. Beliau juga mencontohkan agar satu orang dapat menanam sedikitnya 5 pohon, atau slogan ini dikenal dengan nama One man five trees.

Kalimantan Timur adalah jantungnya pulau Kalimantan, heart of Borneo. Jadi sudah sepantasnyalah ini menjadi tanggungjawab seluruh pemangku kepentingan dan kebijakan di Kaltim untuk mendukung program nasional untuk dapat menurunkan emisi hingga 26% . Hal ini dalam upaya antisipasi pemanasan global (global warming) dan mitigasi melalui program Kaltim Green.

Dukungan terhadap program nasional dan Kaltim Green dapat diberikan dengan langkah-langkah seperti, pembatasan penggunaan kendaraan bermotor, antisipasi dan pencegahan kebakaran hutan, mencegah atau tidak melakukan ilegal logging dan juga melakukan penanaman sejuta pohon atau penghijauan.

Cita-cita terwujudnya Kaltim Green adalah terciptanya Kalimantan Timur yang memiliki perangkat kebijakan dan action plan yang jelas tentang tata kelola pemerintahan yang baik, serta program-program pembangunan yang mampu memberikan perlindungan sosial dan ekologis terhadap seluruh masyarakat Kalimantan Timur, serta pemerintahan yang dapat memberikan jaminan jangka panjang terhadap keselamatan dan kesejahteraan masyarakat serta keberlanjutan lingkungan hidup.

Read More : Kebijakan – Kebijakan Yang Mendukung Kaltim Green

Leave a Reply

Your email address will not be published.