Pelatihan Kantaya di BKD Provinsi Kaltim

Posted on

Samarinda, 29 – 30 Desember 2009. Melalui selogan Kaltim Bangkit 2013 dan gerakan Kaltim Melek IT 2010, Dinas Kominfo besama komunitas BCC telah menyelenggarakan pelatihan kantaya (kantor maya) di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur. Dengan Infrastruktur jaringan VPN/IP MPLS yang menghubungkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kaltim dan dengan dilakukannya pelatihan kantaya ini pada seluruh SKPD, hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan dan pengembangan e-governmen pada setiap SKPD Kalimantan Timur.

Hari pertama (29/12) pelatihan ini diikuti oleh seluruh pejabat struktural (seluruh kepala bidang) BKD Provinsi Katim. Seluruh peserta mengikuti dan memahami dengan sangat baik apa yang disampaikan oleh Bapak Moh. Adrianyo selaku Instruktur. Acara pelatihan dimulai pada pukul 09.00 WITA dengan dibuka secara resmi oleh Bapak Moh. Yadi Robyan Noor, S.E., MTP selaku Kepala Bidang Dokumentasi dan Informasi Kepegawaian. Materi yang disampaikan meliputi penggunaan Fitur Agenda, Lemari (file sharing), Surat (surat masuk & surat keluar), Dimana, Forum, Diskusi dan Email pada Kantaya. Acara akhirnya ditutup dan diakhiri pada pukul 12.00 WITA. Ini merupakan waktu tercepat yang pernah saya ikuti selama mendampingi instruktur dalam pelatihan kantaya. Sungguh sangat luar biasa semangat dan atusiasme peserta dari BKD Provinsi Kaltim dalam mengikuti dan memahami pelatihan kantaya yang telah disampaikan.

Hari kedua (30/12) pelatihan kembali diselenggarkan pada jam dan tempat yang sama, kali ini pelatihan diikuti oleh masing-masing staff dari seluruh bidang pada BKD Provinsi Kaltim. Bapak Moh. Adriyanto selaku Instruktur utama kali ini tidak dapat mendampingi acara pelatihan  kantaya hingga selesai dikarenakan Beliau ada urusan lain yang tidak bisa ditunda. Akhirnya Instruktur diambil alih oleh Bapak Hidayatul Muttaqien dengan di dampingi oleh teman-teman asisten lainnya. Semangat dan antusiasme peserta pun tidak kalah luar biasanya, semua mengikuti dengan sangat baik. Salut buat seluruh peserta mulai dari hari pertama hingga hari kedua dari BKD Provinsi Kalimantan Timur.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.