enable automatic update for rhel centos

Migrasi CentOS 8 ke RHEL 8

Posted on

Migrasi CentOS 8 ke RHEL 8 – Seperti yang sudah kita ketahui soal kabar penghentian dukungan Red Hat terhadap Project CentOS pada 31 Desember 2021 nanti memang mendapatkan banyak repon negatif bagi para developer dan komunitas besar di dunia. Project CentOS selanjutnya digantikan dengan CentOS Stream yang sejatinya ini berbeda dalam hal flow distrubution dengan CentOS yang ada sekarang, karena CentOS Stream boleh dibilang merupakan “beta version” (rolling-release) sebelum versi stable nya rilis di Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Tidak lama setelah penghentian Project CentOS, Red Hat mengumumkan sebuah program yang bernama No-cost Red Hat Enterprise Linux Individual Developer Subscription. Bagi para developer dan individu dapat menggunakan RHEL (Red Hat Enterprise Linux) secara gratis melalui Red Hat Developer Program. Kita bahkan dapat menggunakan sampai dengan 16 entitlements.

Pada tulisan kali ini saya hanya ingin membuat dokumentasi proses migrasi VM (virtual machine) dari CentOS 8 ke RHEL 8 yang ada di IDCloudhost, yang merupakan salah satu cloud provider lokal yang menawarkan VPS Murah dengan bandwidth unlimited.

Sebelumnya saya telah memiliki virtual machine / VPS CentOS 8.4 dan dalam praktek kali ini saya telah melakukan backup seluruh data dan konfigurasi-konfigurasi penting sebelum saya memulai.

vps centos 8

Virtual Machine (VPS) yang saya gunakan hanya menggunakan 2 Core CPU dan 2 GB RAM.

virtual machine vps centos to rhel

Disini saya akan menggunakan sebuah tool Covert2RHEL. Saat saya mencobanya versi terakhir yang saya gunakan adalah release 0.24 Arctic silahkan gunakan versi terbarunya. Sebelum memulai saya akan melakukan update terhadap CentOS.

# dnf update -y

Kemudian isntall tool Convert2RHEL dan pastikan proses installasi berjalan sukses.

# dnf install -y https://github.com/oamg/convert2rhel/releases/download/v0.24/convert2rhel-0.24-1.el8.noarch.rpm

Inilah step penting dalam kita melakukan migrasi centos 8 ke rhel 8, siapkan username dan password red hat yang akan digunakan.

# convert2rhel --username <username> --password <password>

migrasi centos 8 ke rhel 8

Tunggu prosesnya sampai dengan selesai, dalam case saya sendiri cukup memakan waktu lama mungkin kurang lebih satu jam, ini tergantung spesifikasi dan bandwidth VPS. Dalam proses migrasi ini akan ada beberapa pertanyaan konfirmasi yang harus kita jawab, silahkan baca perlahan dan jawab pertanyaan konfirmasinya dengan “y” untuk melanjutkan.

proses migrasi centos 8 ke rhel 8

Setelah seluruh proses migrasi berhasil akan tampak seperti berikut.

migrasi centos 8 ke rhel 8 success

Sampai disini silahkan reboot virtual machine (vps) kita, dan untuk memastikan seluruh proses migrasi centos 8 ke rhel 8 sudah berhasil seluruhnya, kita akan cek versi os-release.

centos 8 to rhel 8 success

Semoga bermanfaat.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.