Linux Goes to School 2007

Posted on

Image sebagai negara pembajak kelas wahid atas hak cipta dan Kekayaan Intelektual membuat pemerintah menggeluarkan undang-undang tentang HAKI. Namun itu sepertinya memerlukan waktu yang tidaklah sebentar karena kenyataannya kita masyarakat Indonesia sudah terlalu nyaman terbuai oleh produk-produk yang memanjakan penggunanya sejak lama.

Yaa… kenyamanan yang harus ditebus dengan harga yang tidaklah murah untuk ekomoni orang Indonesia. Kenapa masyarakat indonesia sangat susah untuk bermigrasi ke sistem yang lebih murah bahkan gratis ? Ya, benar sekali karena masyarakat indonesia sudah sangat terbiasa dengan produk-produk bajakan yang sudah sangat lama mereka gunakan. Untuk itu, teman-teman dari kpli samarinda ingin memotong aliran generasi yang membudaya terhadap produk-produk bajakan tersebut. Melaui gerakan teman-teman KPLI Samarinda ini, kita ingin menciptakan generasi baru yang terbiasa dengan produk-produk PLBOS (Perangkat Lunak Bebas dan Open Source) bukan sebaliknya seperti generasi-generasi mereka terdahulu.

para peserta

Kemarin tepatnya tanggal 22 Februari 2007 bersama teman-teman dari kpli samarinda, mengadakan rangkaian acara kunjungan ke sekolah-sekolah yang diberi nama “Linux Goes to School 2007“. Sekolah pertama yang dikunjungi adalah SMK TI ERLANGGA SAMARINDA. Acara ini merupakan salah satu agenda kegiatan teman-teman KPLI Samarinda di tahun 2007 ini. Rencananya rangkainan acara kunjungan ke sekolah-sekolah yang bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan & pemamfaatan sistem operasi GNU/Linux dikalangan akademik /pendidikan ini, akan di selenggarakan di empat sekolah berbeda yang ada di Samarinda untuk tahun 2007.

Acaran ini merupakan acara perdana teman-teman KPLI Samarida sebagai bentuk peduli mereka terhadap dunia pendididkan sekarang ini. Paling tidak temen-temen berusaha untuk mencoba memperbaiki paradikma Linux yang di anggap susah dimata pengguna pemula dan siswa, sekaligus menanamkan pemahaman akan pentingnya penghargaan terhadap hasil karya orang lain.

pengenalan GNU/Linux

Melalui acara “Linux Goes to School 2007” ini kami manggantungkan harapan agar penggunaan dan pemamfaatan GNU/Linux dapat implementasikan secara real sejak dini dalam kehidupan sehari-hari oleh para siswa maupun civitas akademik lainnya.

Susunan Acara yang dibawakan oleh temam-teman dari KPLI Samarinda, meliputi :

  1. Berkenalan dengan GNU/Linux oleh Aditya Perdana
  2. Demo Installasi distro Ubuntu 6.10 oleh Andri
  3. Ms Office Vs Open Offcie oleh Achmadi
  4. Belajar Pemprograman di GNU/Linux oleh Hidayatul Muttaqien
  5. Bermain dengan Multimedia & Desain Grafis di GNU/Linux oleh Fatur

Untuk dokumentasi acara bisa di lihat di sini

Semoga Sukses buat KPLI Samarinda
Semoga Sukses buat Kita Semua

Leave a Reply

Your email address will not be published.