Jejak Obama di Indonesia

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Barack Obama. Tepatnya kemaren (9/11) sore rombongan kepresidenan Amerika Serikat – Barack Obama datang di Indonesia. Berikut ini jejak Obama di Indonesia. Kunjungan singkat yang tidak lebih dari 24 jam ini banyak sekali menyedot perhatian masyarakat indonesia. Perhatian saya sendiri sebenarnya banyak tertuju pada karisma seorang Barack Obama yang begitu fenomenal, sosok muda bersahaja yang telah sukses menjadi orang nomor satu di negera adi daya Amerika Serikat. :tepuktangan:

Empat tahun lebih kurang si kecil Barry (julukan akrab Presiden Amerika Serikat Barack Obama) hidup di Jakarta dan belajar di sekolah Katolik SD Fransiscus Asisi di Tebet serta Sekolah Dasar Negeri 1 (SD Besuki) di Menteng. Atas pengalamannya hidup di Jakarta sampai usia 10 tahun sejak 1967 ini, banyak orang Indonesia berharap Obama akan melakukan banyak hal untuk Indonesia.

Sebenarnya kepentingan AS yang kuat dan berkembang di Indonesia tidak ada kaitannya dari perasaan pribadi Barack Obama. Akan tetapi, atas dasar kepentingan timbal balik antara dua negara dan atas dasar nilai-nilai bersama semata. Jika indonesia ingin maju ya berusahalah, tidak ada kaitannya dengan Barack Obama. IMHO

Okey, sebenarnya saya disini ingin berbagi bersama teman-teman dokumentasi jejak Obama di Indonesia melalui beberapa foto menarik seperti dibawah ini :

Foto Barack Obama dan Michelle Obama di Mesjid Istiqlal

Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama, tampak mengenakan kerudung krem bermotif bintik ketika berkunjung ke Masjid Istiqlal,   pagi ini (10/11). Kerudung tersebut tampak serasi dengan pakaian Michelle yang berwarna hijau.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, yang mengenakan setelan jas berwarna gelap terlihat hanya mengenakan kaus kaki saat berjalan di seputar pelataran masjid. Istrinya pun tak mengenakan alas kaki, ia hanya memakai kaus kaki yang sewarna dengan kerudungnya.

Mereka berdua didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Yakub. Tak terdengar isi pembicaraan antara Ali Mustafa, Obama, dan Michelle. Namun, dari kejauhan terlihat Ali Mustafa yang berdiri di antara Michelle dan Obama seperti menjelaskan detail masjid yang dibangun pada 24 Agustus 1951 tersebut. Ali Mustafa terlihat beberapa kali menggunakan tangannya untuk menunjuk ke beberapa bagian bangunan sambil terus berbicara.

Obama dan Michelle yang tiba di masjid terbesar di Asia Tenggara itu pada sekitar pukul 08.15 WIB tampak serius mendengarkan penjelasan Ali Mustafa.

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, pada awal pekan silam mengatakan, agenda Obama di Istiqlal hanya melihat-lihat kondisi masjid. Obama tidak dijadwalkan bertemu dengan cendikiawan Muslim.

Foto Barack Obama di Universitas Indonesia (UI)

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengatakan ‘Pulang kampung ni’ di hadapan ribuan tamu undangan.

Obama mengawali pidatonya dengan mengenang masa kecilnya yang di Menteng Dalam, Jakarta Pusat, yang penuh kisah lucu.

Dalam pidatonya, Obama menyampaikan, seperti demokrasi dan pembangunan, agama juga penting bagi di Indonesia. Hal itu terbukti adanya keberagaman agama dan kepercayaan di Indonesia.

Presiden AS Barack Obama melambaikan tangannya kepada para undangan yang memadati ruangan Balairung Universitas Indonesia (UI).

Tepuk tangan para undangan menggema di seluruh ruangan saat Obama menyampaikan pidatonya.

Sekitar 30 menit Obama menyampaikan pidato publik di depan 6.000-an undangan di kampus UI Depok.

Presiden Barack Obama memang sangat ramah. Selesai berpidato, Obama menyempatkan diri turun dari panggung dan menyalami hadirin yang ada di barisan depan.

Ya semoga saja dengan kedatangan Barack Obama di Indonesia ini dapat memacu generasi muda bangsa Indonesia agar dapat lebih maju dan sukses seperti halnya sosok Barack Obama, ya muda, yang kaya, yang bersahaja… :semangat!:

Leave a Reply

Your email address will not be published.