Cara Upgrade Gingerbread ke Ice Cream Sandwich (ICS)

Posted on

Sepertinya sudah sangat lama sekali saya tidak bercerita di dalam blog ini. Entah serasa banyak waktu yang tersita baik atas perkerjaan di kantor maupun kegiatan dirumah. Ya, sebisa mungkinlah untuk meluangkan waktu sejenak di blog ini. Kali ini saya mau sedikit bercerita atau berbagi pengalaman saat melakukan upgrade gingerbread ke ice cream sandwich (ICS) untuk galaxy note saya.

Bagi penggemar sistem operasi Android untuk mobile devicenya tentu upgrade ke ICS ini sangat dinanti-nanti kehadirannya, termasuk saya yang saat awal kemunculannya untuk stock rom europe langsung saya jajal di SGN (Samsung Galaxy Note). Namun saat ini stock rom (red : sebutan untuk sistem operasi resmi dari samsung) untuk regional Indonesia sudah rilis. Jadi kita dapat menggunakan Ice Cream Sandwich (ICS) 4.0.3 khusus untuk regional Indonesia.

Sebelum memulai upgrade gingerbread ke ice cream sandwich, karena baik samsung galaxy note maupun galaxy SII datang pertama kali dengan Android gingerbread. Oh, iya cara yang saya lakukan ini adalah cara manual, dimana upgrade kita lakukan sendiri terhadap mobile device kita tanpa KIES.

Berikut ini adalah perisapan yang harus kita miliki sebelum proses upgrade.

  1. USB Kabel bawaan Samsung, jika menggunakan kabel custom disarankan kabel tidak longgar saat terpasang di ponsel maupun di komputer.
  2. Ponsel mimiliki daya baterai minimal 50%
  3. Software PC Odin versi 1.85. Download
  4. ROM, disini saya contohkan menggunakan Stock ROM ICS 4.0.3 Indonesia, rilis bulan Mey 2012. Download
  5. Cemilan dan segelas kopi biar lebih semangat…

Cukup itu saja bahan-bahan yang kita perlukan, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Ekstak file ROM yang sudah kita download dan biasanya dalam bentuk zip, yang nantinya akan didapat file berekstensi *.md5
  2. Pastikan saat ini SGN tidak terhubung dengan komputer
  3. Restart SGN agar masuk ke dalam download mode, caranya tekan secara bersamaan tombol (Volume Down + Home + Power) sampai masuk ke halaman download mode.
  4. Jalankan PC Odin 1.85
  5. Klik tombol PDA dan pilih file rom *.md5 hasil ekstak pada langkah 1
  6. pada groupbox option kita biarkan default saja (untuk memastikan “repairtition” tidak tercentang)
  7. jalankan odin dengan meng-klik tombol START
  8. tunggu hingga semua proses selesai, SGN akan restart sendiri
  9. selesai

*Catatan : Apa yang saya tuliskan disini adalah pengalaman pribadi saya sendiri, semua resiko saat anda melakukan ini adalah resiko Anda sendiri. Jadi cari info sebanyak-banyaknya sebelum anda memulai.

Sebenarnya cukup mudah step by step upgrade gingerbread ke ice cream sandwich (ICS), yang penting lakukan dengan hati-hati pastikan ROM yang kita download tidak corrupt, lakukan pemeriksaan nilai MD5-nya.

Cara ini adalah cara yang biasa dikalukan untuk melakukan flasih rom dengan PC Odin, jadi selain dapat digunakan untuk Stock ROM, Anda juga dapat menggunakan cara yang sama untuk Custom ROM maupun flash Custom Kernel.

36 comments

    1. Procedurenya kurang lebih sama mas, yang beda adalah ROM nya saja. Gunakan ROM untuk HH yang sesuai.

      Procedure yang sama juga saya gunakan untuk flashing Samsung Galaxy I5510.

      Tapi tetap DWYOR

  1. Klo 4.0.4 ambil dmn om?btw ini rom nya resmi ato pke versi custom rom?tmn ada yg upgrade k 4.0.4 via kies tu kondisinya sjak 4.0.3 smpe 4.0.4 msh ttp panas bgt n boros bgt mentok 5jam uda kudu chrge lg…ente ngalami sama g om?sy msh tkt mo naek tkt parah borosnya itu…

    1. Stock rom (official rom) om. Bisa cari romnya di samfirmware.com atau update via kies sudah ada kok buat indonesia.

      Kalau panas seh memang masih terjadi, ane biasanya kalau lagi baca pdf tapi sejak di 4.0.4 tidak sepanas di 4.0.3 menurut ane. kalau yg suka bikin drain battery mungkin tergantung pemakaian, kalau buat maen game terus terusan ya boros juga lah, tapi buat pemakaian normal dengan semua fitur pada online ane biasa bertahan sampe 12 jam lebih.

  2. stock rom yg dari kies unt indonesia apa sama om dg stock rom yg dr luar ky german ato singapore?smpet baca d forum sebelah ada yg prnh pake rom dr singapore itu bagus…btw klo HH dr indo emg capable kah klo pake stock rom dari luar?

    1. Setahu aku untuk galaxy Y & galaxy W tidak ada upgrade ke ICS dari samsung mengingat keterbatasan memory untuk TouchWiz Samsung.

      untuk galaxy Y & W samsung sendiri ada ngeluarin update kok, namanya kalau tidak salah Value Pack yang berisi update Android Gingerbread 2.3.6

Leave a Reply

Your email address will not be published.