Truk Tronton & Kontainer Jalan Raya

Posted on

Sudah beberapa hari ini saya merasa ada yang baru di jalan-jalan kota Samarinda sepanjang yang saya lalui setiap harinya saat berkerja. Saya tidak tahu apa ini hanya saya sendiri yang merasa atau mungkin orang-orang lain juga ikut merasakannya. Banyak sekali truk-truk pengangkut barang (Truk Tronton/Kontainer) dan Truk pengangkut alat-alat berat berkeliaran di jalan-jalan kota saat pagi dan siang hari.

Saya seakan berjalan di pinggiran kota Industri dengan intensitas truk-truk barang yang cukup tinggi dan debu-debu yang diterbangkannya. Ada apa dengan Kota ini ? Mengapa truk-truk sebesar itu bebas berkeliaran di tengah jalan kota saat semua warga tengah padat beraktifitas ? Apa tidak ada regulasi  pemerintah daerah yang mengatur jam kerja truk-truk tersebut untuk melewati jalan-jalan kota ?

Memang sungguh ironis, kota yang boleh dibilang cukup besar ini sering mengalami kesemerawutan dalam urusan disiplin transportasinya. Kemacetan pun sudah tidak bisa di hindari lagi dengan semakin meningkatnya pertumbuhan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat di tengah-tengah masyarakat yang tidak diimbangin dengan pertumbuhan jalan dan prasarananya. Tentunya dengan kehadiran truk-truk bebadan lebar dan berbobot raksasa tersebut semakin memperparah keruwetan dan kemacetan di jalan. Ini ditambah dengan kekhawatiran kemungkinan kecelakaan yang mungkin bisa terjadi jika truk-truk tersebut beroperasi pada pagi dan siang hari.

Mudah-mudahan ini tidak berlaku lama, semoga Pemerintah Daerah (Pemkot Samarinda) dapat memberikan solusi bijak bagi kenyamanan transportasi dalam kota yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.