Setengah Gadis Jabotabek sudah Tidak Perawan

Posted on

Setengah gadis lajang yang berada di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) disebut-sebut banyak yang sudah tidak perawan karena melakukan hubungan seks pranikah. Dan tidak sedikit yang hamil di luar nikah.

“Hasil survei yang dilakukan, dari 100 remaja, 51 remaja perempuannya sudah tidak lagi perawan,” ujar Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief kepada beberapa media dalam Grand Final Kontes Rap dalam memperingati Hari AIDS sedunia di lapangan parkir IRTI Monas, hari Minggu (28/11/2010).

Selain di daerah Jabodetabek, ungkap Sugiri, hasil yang sama juga diperoleh di wilayah lain di Indonesia. Beliau menyebutkan bahwa di Surabaya, gadis atau remaja perempuan lajang yang sudah tidak perawan lagi mencapai angka 54 persen, di Medan 52 persen, Bandung 47 persen, dan Yogyakarta 37 persen. Tuturnya, data ini dikumpulkan BKKBN hanya dalam kurun waktu 2010 saja.

Sugiri menyampaikan, perilaku seks bebas merupakan salah satu faktor pemicu meluasnya kasus penyebaran virus HIV/AIDS. Mengutip data dari Kementrian Kesehatan pada pertengahan 2010, kasus HIV/AIDS di Indonesia mencapai angka 21.770 kasus AIDS positif dan 47.157 kasus HIV positif dengan persentase penjangkitan oleh usia 20-29 tahun (48,1 persen) dan usia 30-39 tahun (30,9 persen). Kasus penularan virus HIV/AIDS terbanyak ada di kalangan heteroseksual (49,3 persen) dan IDU atau jarum suntik (40,4 persen).

Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan pula, jumlah penyalahgunaan narkoba di Indonesia saat ini mencapai jumlah 3,2 juta jiwa. Sebanyak 75 persen di antaranya atau 2,5 juta jiwa adalah remaja.

Inf : Tribunnews

2 comments

  1. hmm.. gak hanya di jabotabek aja kali gan.. hampir di semua kota termasuk di kota saya Yogyakarta.. hehe.. izin pake data di atas untuk bahan tugas kuliah saya.. thx

Leave a Reply

Your email address will not be published.