Network Engineer, Bagaimana Mencapainya ?

Posted on

Bagi seorang yang memang gemar terhadap dunia komputer khususnya jaringan komputer, tentulah semua memiliki keinginan untuk menjadi seorang Network Engineer yang handal. Dalam artikel yang lalu saya pernah menulis tentang bagaimana menjadi network engineer yang memiliki kemampuan plus. Dan kali ini saya ingin kembali memotivasi diri saya sendiri khususnya, bagaimana untuk menjadi seorang network engineer.

Network Engineer atau kalau diartikan dalam bahasa indonesia adalah seorang Insinyur Jaringan merupakan tulang punggung infrastruktur jaringan komputer sebuah perusahaan maupun instansi pemerintah/pendidikan. Bagi perusahaan-perusahaan besar katakanlah seperi PT. Pertamina, PT. Telkom, Chevron Indonesia, dll. Mereka memperkerjaakan banyak network enginner untuk mendukung kinerja perusahaan. Sedangkan bagi perusahaan-perusahaan kecil dan menengah, mereka lebih sering menyewa jasa konsultan untuk menangani kebutuhan infrastruktur jaringan IT mereka.

Network Engineer memiliki tugas untuk membangun, memperbarui, memelihara dan memperbaiki setiap setiap permasalahan yang muncul dalam pemanfaatan teknologi informasi. Jika, diantara Anda dan juga saya tentunya ada yang memiliki cita-cita untuk menjadi seorang Network Engineer, tentunya hal pertama yang harus ada pada diri Anda dan juga saya adalah kecintaan yang besar terhadap dunia komputer dan juga kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah yang tepat.

Latas, bagaimana caranya menjadi Network Enginner ?

1. Belajar lebih giat tentang komputer dan hal-hal lain yang berkaitan dengan itu semua. Anda dapat mempelajarinnya di Perguruan Tinggi atau tempat kursus yang memang menyediakan pelatihan network engineer. Walaupun namanya network engineer, tetapi Anda tidak harus memiliki gelar teknik dari perguruan tinggi. Siapapun dapat menjadi network engineer asalkan ada kemampuan untuk itu.

2. Bangun resume dengan baik. Hal ini dapat Anda peroleh dengan berkerja di ICT Center Office milik kampus Anda. Biasanya Perguruan Tinggi memiliki divisi IT Center sebut saja Puskom yang banyak juga memperkerjakan mahasiswanya untuk membantu proses pengembangan Infrastruktur IT Perguruan Tinggi.

3. Pelajari untuk dapat menggunakan berbagai macam sistem operasi. Sebagian besar administrasi jaringan komputer menggunakan sistem operasi yang berbeda, mulai dari komputer kantor dan laptop perusahaan. Untuk dapat menjadi Network Engineer sebaiknya Anda dapat memahami sebagian besar sistem operasi yang umum digunakan.

4. Selain membangun resume yang baik saat kuliah, ada baiknya Anda mencari pengalaman lain dengan magang pada departemen IT di Perusahaan atau Perusahaan Konsultan IT itu malah lebih baik. Saat ini sudah banyak sekali orang-orang seperti Anda yang datang dari berbagai perguruan tinggi, oleh karena itu, Anda sebaiknya membekali diri dengan berbagai pengalaman agar dapat meningkatkan kopetensi Anda sendiri.

5. Berkerjalah dengan kemampuan komunikasi dan bahasa yang baik. Karena tidak selamanya kita berkerja dengan lingkungan orang-orang yang berlatar belakang pendidikan yang sama dengan kita. Anda juga harus belajar untuk menjelaskan masalah komputer dalam bahasa sederhana dan mudah dimengerti oleh orang yang awam sekalipun.

Semoga tulisan kecil ini dapat sedikti memberi manfaat…

2 comments

  1. Artikelnya sangat bermanfaat sekali, terutama untuk mahasiswa IT ini perlu, agar mereka lebih paham tentang dunia IT di lingkungan kerja yang sebenarnya…maju terus IT

Leave a Reply

Your email address will not be published.