Mudik Aman Saat Lebaran

Posted on

Budaya mudik sudah menjadi tradisi yang sulit dipisahkan dari sebagian besar masyarakat kita. Lebaran di kampung halaman menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh mereka yang merayakan.

Jutaan orang rela “bermacet ria” demi berkumpul dengan sanak saudara di hari yang fitri itu atau mereka rela mengantri dan berdesak-desakan hanya untuk mendapatkan tiket mudik bagi mereka yang menggunakan kereta api, pesawat, maupun kapal laut.

Perjalanan mudik yang cukup melelahkan ini tentunya harus dipersiapkan dengan baik. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, berikut tips berkendara aman yang dapat di jadikan panduan

Kondisi Kendaraan
Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima, lakukan pengecekan secara detail dan segera perbaiki dan diganti bila ada kerusakan. Jangan lupa melengkapi kendaraan dengan peralatan recovery yang cukup seperti dongkrak, kunci-kunci, kotak P3K dll.

Tempatkan barang-barang bawaan Anda dengan baik, terikat dan tidak mudah berubah posisi. Jangan menempatkan barang di atap kendaraan kecuali Anda memiliki roof rack (rak barang di atas atap mobil), namun harus di pertimbangkan bahwa penempatan barang di atap akan mempengaruhi aerodinamika kendaraan Anda.

Kondisi Tubuh
Pastikan Anda dan keluarga dalam kondisi sehat dan fit untuk melakukan perjalanan jauh. Pengemudi dan pengemudi pengganti harus memiliki istirahat yang cukup sebelum berangkat. Istirahatlah lebih kurang 30 menit setiap 3 jam perjalanan. Maksimal berkendara adalah 8 jam untuk satu pengemudi secara terus-menerus.

mudik aman saat lebaran

Safety Driving
Gunakan teknik berkendara aman selama perjalanan. Rencanakan perjalan Anda dengan baik, patuhi rambu lalu lintas, patuhi batas kecepatan dan sesuaikan gaya berkendara Anda dengan kondisi jalan yang Anda lewati.

Hindari menggunakan sepeda motor untuk perjalanan mudik, apalagi dengan jarak yang cukup jauh. Menggunakan sepeda motor memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan moda transportasi yang lain, sehingga pengguna sepeda motor menjadi penyumbang terbesar kecelakaan lalu lintas disetiap musim Lebaran.

Semoga perjalanan Anda lancar, selamat sampai ditujuan dan selamat merayakan Lebaran dengan suka cita bersama keluarga di kampung halaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.