Minbar :: Pengingat Waktu Sholat

Posted on

Karena kesibukan sehari-hari yang selalu berkutat dengan perkerjaan yang tidak pernah ada hentinya, terkadang saya sendiri sering sekali kelupaan waktu sholat. Kebiasaan karena lama didepan komputer suka lupa sana-sini… bahkan kejadian kiri kanan kadang tidak tahu :p

Jika para pengguna windows ada pengingat waktu sholat seperti shollu, maka tidak terkecuali para pengguna Linux donk… namanya Minbar.

Bagi pengguna Ubuntu seperti saya dapat melakukan installasi langsung :

sudo apt-get install minbar

Setelah selesai installasi Minbar dapat diaskes melalui Application – Accessories – Minbar Prayer Times . Dan sekarang tinggal melakukan konfigurasinya saja.

Yang perlu dilakukan adalah setting untuk nilai-nilai Latitude, Longitude serta Time Zone-nya. Silahkan mencari nilai latitude dan nilai logitude kota Anda di islamicfinder . Misalkan saya ada di kota Samarinda dan dari website islamicfinder saya mendapat (0.5 S, 117.15 E) yang berarti nilai Latitude : 0° 50′ South dan Longitude : 117° 15′ East dan Time Zone +8 dari GMT.

Oke, sampai sini sebagian konfigurasi selesai sudah. Tinggal ngeset file azan-nya saja baik untuk normal azan maupun azan subuh. Oya, Minbar hanya mensupport file Ogg untuk File azan-nya.

Jika, belum punya silahkan download suara azan dan azan subuh.

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.