Membuat AutoContent Cara Simple

Posted on

Membuat blog autocontent cara simple – bagaimana caranya? Bagi para para blogger dan pelaku bisnis internet mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah autocontent atau generate content. Banyak sekali plugins yang menawarkan bagaimana cara membuat blog Anda menjadi blog autocontent baik yang gratisan maupun yang berbayar, semuanya ada jika Anda mau mencarinya 😀

Nah, kali ini saya mau berbagi cara bagaimana membuat autocontent cara simple dengan plugins searchterms tagging2 (STT2). Disini kita  juga akan mengganti permalink search default wordpress agar lebih seo friendly. Jadi, ada 2 point yang akan kita capat jika tutorial singkat ini berhasil.

  1. Mengganti permalink default wordpress biar seo friendly
  2. Membuat autocontent dengan plugins STT2

WordPress sebenarnya sudah menyediakan sistem pencarian (search engine) yang sangat powerfull, namun ini tidak didukung dengan permalink yang indah sebut saja seo friendly. Default permalink search engine wordpress adalah seperti berikut :

www.perdana.my.id/?s=cari+bisnis+internet

dan akan kita rubah menjadi

www.perdana.my.id/info/cari+bisnis+internet

Dari 2 bentuk permalink search tersebut, tentu bentuk kedua lebih baik dari segi SEO (seo friendly). Nah, hal pertama yang akan kita lakukan adalah membuat hasil search wordpress menjadi seo friendly. Berikut ini langkah-langkah singkatnya.

Ubah juga permalink default di search page supaya jadi statik page. Buat yg dah punya ebooknya cak cosa pasti dah tau cara ngerubah permalink search di wordpress, yg belum punya, ini ta kasih dikit bocorannya:

Masuk ke folder wp-includes > buka file rewrite.php > cari kode seperti ini

$this->search_structure = $this->root . $this->search_base . '/%search%';

Tambakan akhiran .html pada kode, hingga menjadi seperti ini:

$this->search_structure = $this->root . $this->search_base . '/%search%.html';

Masuk kembali ke wp-admin > Setting > Permalink >> Save

Langkah terakhir  adalah tabahkan kode berikut ini (letakkan paling atas) pada file search.php

<?php  if($_GET['s']!='')
{ $urlredirect = get_settings('home') . '/info/' . str_replace(' ', '+' ,$_GET['s']) . '.html';
header( "Location: $urlredirect" ) ; } 
?>

Sampai disini, Anda dapat melakukan test dengan mengetikkan keyword apapun dalam text box search wordpress Anda. Dan pastikan hasil dari permalinknya memiliki struktrus seperti yang kita rencanakan diatas.

Nah, jika permalink search sudah beres, langkah selanjutnya adalah membuat autocontent. Sebelum sampai disini, Anda haruslah sudah terlebih dahulu menginstall plugins searchterms tagging2 (STT2) buatan Mas Purwedi Kurniawan. Jika sudah memiliki STT2 lakukan langkah berikut ini.

Masuk ke dashboard wp-admin > plugins > editor > SearchTerms Tagging 2, pada file searchterms-tagging2.php

$permalink = get_bloginfo( 'url' ).'/search/'.user_trailingslashit(pk_stt2_function_sanitize_search_link($term->meta_value));

Lakukan editing pada kata search (contoh diatas saya pake slug: info) dan tambahkan akhiran .html pada akhir script

$permalink = get_bloginfo( 'url' ).'/info/'.user_trailingslashit(pk_stt2_function_sanitize_search_link($term->meta_value)).'.html';

Sampai disini, semua proses membuat autocontent cara simple sudah beres semua. Jika di klik term yang merupakan output STT2 (term akan menjadi keyword pada search wordpress blog kita), maka conten page baru ini akan berupa judul atau excerpt dari posting-postingan di blog kita (tergantung struktur pada file search.php theme yang digunakan).

Namun jika hasilnya muncul “No Post Found”, ini bisa disiasati dengan merubah menampilkan halaman arsip, supaya tetep ada kontennya. 😀 Semoga sukses…

13 comments

  1. makasih share nya…. tapi blog auto content biasanya menyebalkan karena hanya mengejar traffic padahal ga ada isinya… tapi makasih udh share, jadi tau sedikit banyak…

    1. kayaknya nggak bisa dech kalo bwat blogspot, wordpress aj yang self hosted yang com tidak bisa

  2. Trims, sy sudah coba petunjuknya buat blog saya, tpi sampai pada “Langkah terakhir adalah tabahkan kode berikut ini (letakkan paling atas) pada file search.php

    ini sy sdh bingng mau diletakkan di mana, apakah diatas folder wp-includes > buka file rewrite.php ? (sudah coba letakkan) tpi sampai pada menginstall plugins searchterms tagging2, didashbor saya tidak bisa ditambahin plugin tsb, akhirnya saya balik hapus lagi proses yang sudah sy lewati tsb. karena saya pemula jd kl bs mampir ke :

    http://www.kekyone.com

    masukan/sarannya sangat berharga bagi saya TQ

    1. namanya autocontent pastilah di anggap ilegal oleh google mas bro. kalau tidak yakin saran saya sebaiknya jangan dilakukan.

      saya menulis ini cuman untuk membuka wawasan sekaligus belajar bagaimana cara membuat auto content saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.