Jembatan Mahulu Samarinda Penuh Sampah

Posted on

Jembatan mahulu (mahakam hulu) adalah jembatan kedua setelah jembatan mahakam yang membentang diatas sungai mahakam dan menghubungkan kota samarinda dengan samarinda seberang. Jembatan mahulu ikon baru kota samarinda, sepertinya akan tercoreng karena jembatan mahulu samarinda penuh sampah di pinggiran trotoarnya saat ini.

Permasalahan sampah yang ada di kawasan loa janan dan sengkotek Samarinda, ternyata belum sepenuhnya tuntas. Hal ini tercermin masih banyaknya ditemukan bungkusan-bungkusan plastik yang berisi sampah yang banyak ditemukan disepanjang trotoar jalan menuju jembatan mahulu.

Saya sendiri tidak berani berspekulan terhadap masalah ini, apakah pemerintah kota samarinda khususnya dinas kebersihan-kah yang bertanggung jawab, atau memang ada oknum-oknum warna yang memang tidak bertanggung jawab telah membuang sampah disepanjang trotoar jalan menuju jembatan mahulu. IMHO!

Permasalahan jembatan mahulu samarinda penuh sampah ini menyebabkan kondisi jalan di Jembatan Mahulu terkesan kumuh dan kotor. Sehingga pemandangan tak sedap harus dinikmati pengguna kendaraan yang melintas di kawasan tersebut. Banyak opini terkait masalah itu. Dari mobil Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Samarinda yang terlalu penuh sehingga sampahnya berjatuhan, hingga oknum warga yang kurang bertanggungjawab dan sengaja menjadikan jalan itu sebagai tempat pembuangan sampah.

Entahlah, siapa yang bertanggung jawab ???

Lepas dari masalah sampah, jika kita berjalan menelusuri jembatan mahulu, pastilah pemandangan yang indah akan terhampar di depan mata, mamun saat kita memperhatikan dinding-dinding dan tiang-tiang pembatas jalan jembatan, seketika keindahan hamparan sungai mahakan dan juga arsitektur jembatan sedikit terusaki akibat tulisan-tulisan dan coret-coret dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini sepertinya semakin memperjelas kita, bahwa kesadaran masyarakat samarinda akan kepentingan bersama masih sangat kurang.

Keinginan saya pribadi mungkin adalah bagaimana membudidayakan kesadaran masyarakat samarinda akan kepentingan bersama terhadap fasilitas umum, agar dapat dijaga, dirawat dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya…

Jembatan Mahulu Samarinda Penuh Sampah dan juga permasalahan lainnya mudah-mudahan hanya urusan waktu saja, dan semoga segalanya dapat teratasi dengan benar…

Leave a Reply

Your email address will not be published.