ibm cloud

Free Object Storage 25 GB dari IBM Cloud

Posted on

Pada tulisan saya terdahulu tentang membuat VPS gratis selamanya dari Oracle dimana satu dari beberapa layanan yang disediakan secara gratis oleh Oracle Cloud Infrastructure (OCI) adalah 20 GB Object Storage. Dalam penggunaan saya menggunakan object storage ini di Nextcloud sebagai tambahan space dan memudahkan saya dalam management file/object didalamnya.

Selain Oracle Cloud Infrastucture ada juga cloud provider lainnya yaitu IBM Cloud yang juga memberikan object storage secara gratis dengan kapasitas yang lebih besar yaitu 25 GB. Pada halaman websitenya IBM Cloud memberikan lebih dari 40+ cloud services secara gratis dan credit sebesar US$ 200 yang bisa dicoba. Pendaftarannya pun sangat mudah dan tidak perlu menggunakan kartu kredit sama sekali kecuali kita akan upgrade akun ke layanan berbayar mereka.

ibm object storage

Silahkan coba mendaftar melalui halaman cloud.ibm.com/registration, pendaftarannya juga gratis, ikuti semua langkah demi langkah sampai dengan selesai, tidak ada opsi untuk memasukkan/verifikasi pembayaran dengan kartu kredit disini, itu yang saya suka dari IBM Cloud. Jika sudah complete pendaftaran kita, yag bisa kita manfaatkan secara gratis tanpa harus upgrade akun adalah Object Storage nya sebesar 25 GB.

ibm free object storage

Proses pembuatan bucket object storagenya pun mudah jadi saya tidak akan membahas proses pembuatan object storagenya disini. Sama seperti object storage dari Oracle Cloud Infrastructure (OCI) kemaren, saya juga membuat object storage IBM Cloud ini sebagai external storage di Nextcloud, langkah-langkahnya pun sama saja yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara membuat creadential di IBM Cloud nya saja agar kita dapat memperoleh access key dan secret key untuk S3 Protocols di Nextcloud nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.